oleh

Dermaga V Merak Diperbaiki, Arus Penumpang Masih Normal

Kabar6-Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengemukakan, hingga Selasa (30/7/2013) sore, arus penumpang di Pelabuhan Merak belum mengalami lonjakan.

“Lonjakan arus mudik kami perkirakan H-3 sebelum Lebaran,” ujarnya.

Disebutkan, penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan masih normal. Demikian pula arus kendaraan pemudik di Dermaga I, II, III, dan IV Pelabuhan Merak masih berlangsung stabil.

Sementara perbaikan Dermaga V yang ambruk pada Sabtu (27/7/2013) malam, pada Selasa (30/7/2013) sempat dihentikan akibat hujan turun lebat mengguyur kawasan setempat.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan berharap, proses perbaikan Dermaga V dapat segera selesai, paling lama dalam tempo tiga hari. “Selambat-lambatnya perbaikan jembatan selesai pada Rabu atau Kamis,” ucapnya.

Sementara Dermaga V tengah diperbaiki, penumpang dan kendaraan yang menggunakan jasa penyebarangan untuk tujuan Pulau Sumatera melalu Pelabuhan Bakauheni-Lampung dialihkan melalui dermaga lain.

Sekalipun Dermaga V belum dapat difungsikan, kata Mario, arus kendaraan tidak ada masalah. “Seluruh penumpang dan kendaraan dapat diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni,” ujarnya.

Ia memperkirakan, kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi pada Jumat (2/8/2013) malam. Alasannya, libur pegawai negeri, karyawan swasta, anak pelajar, dan mahasiswa dimulai pada Jumat tersebut, sehingga pelabuhan diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang.(bbs/jus)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru