oleh

Deretan Makanan yang Sangat Tidak Disarankan untuk Dibekukan

Kabar6-Biasanya agar makanan lebih awet atau tahan lama, Anda akan menaruhnya dalam freezer (lemari es bagian atas), agar menjadi beku sehingga terhindar dari pembusukan lebih lama.

Faktanya, tidak semua makanan bisa disimpan dalam freezer, lho. Bukannya menjadi makanan beku yang sewaktu-waktu bisa diolah, justru akan membuat rasanya berubah serta kehilangan sejumlah nutrisi.

Lantas, jenis makanan apa yang sangat tidak disarankan untuk dibekukan atau disimpan dalam freezer? Melansir Grid, ini lima jenis makanan atau minuman yang dimaksud:

1. Sayuran
Sayuran terutama sayuran hijau merupakan makanan yang tak bisa disimpan dalam freezer. Beberapa sayuran hijau seperti bayam, daun ketumbar atau selada akan layu saat dicairkan.

Sayuran akan menjadi lunak, basah dan bahkan tak lezat lagi untuk diolah. Dan yang jelas, kehilangan semua kandungan nutrisi dan vitaminnya.

2. Telur
Bila disimpan di dalam freezer, cairan di dalam telur bisa mengembang saat membeku. Hal ini akan menyebabkan telur menjadi retak dan meninggalkan bau yang tak sedap di freezer. Simpan saja di suhu ruangan karena lebih sehat dibandingkan dengan menyimpannya dalam kulkas.

3. Makanan yang sudah dicairkan
Beberapa makanan seperti daging hanya bisa dibekukan dan dicairkan sekali saja. Melakukan proses ini secara berulang-ulang pada makanan bisa membuat bakteri berkembang biak di dalamnya. Selain itu, hal ini juga menyebabkan nutrisi yang ada di makanan jadi menghilang.

4. Kopi dan kacang
Membekukan biji kopi atau kopi terutama dalam kondisi terbuka tidak disarankan. Hal yang serupa berlaku bagi kacang. Pasalnya, kopi maupun kacang cenderung menyerap segala macam bau dari freezer. Membekukan dan mencairkan bisa menyebabkan pengembunan pada kopi. Hal ini bisa membuat kopi kehilangan rasanya.

5. Susu dan produk olahan susu
Beberapa produk susu tidak tahan beku dan akan hancur ketika dicairkan. Yoghurt beku dan membekukan yoghurt bukanlah hal yang sama. Jadi, jika ingin mendapatkan keutuhan rasanya, maka jangan membekukan produk susu tersebut.

Jika ingin awet, simpan susu, yoghurt dan keju dalam kulkas atau pada suhu ruangan. ** Baca juga: Sejumlah Hal yang Bikin Anda Mengantuk di Pagi Hari

Jadi jangan salah pilih, makanan atau minuman mana saja yang tidak disarankan disimpan dalam freezer, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru