oleh

Depan Jokowi, Proyek Tol Pamulang-Cinere Janjinya Rampung Juli 2021

Kabar6-Proyek pembangunan jalan Tol Serpong – Cinere tak berjalan mulus. Makanya Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi baru bisa meresmikan gerbang Tol Pamulang di Jalan RE Martadinata, Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Pantauan kabar6.com di lokasi hingga kini pekerjaan yang melintasi Jalan Raya Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangsel masih berjalan.

“Target penyelesaian seluruh ruas Jalan Tol JORR 2 paling lambat akan rampung pada awal tahun 2022. Ditargetkan untuk seksi 2 Pamulang-Cinere akan rampung pada Juli 2021,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danang Parikesit, Kamis (1/4/2021).

Ia terangkan, target penyelesaian seluruh ruas Jalan Tol JORR 2 paling lambat akan rampung pada awal 2022 mendatang. Selanjutnya di 2021 ini pihaknya sudah merencanakan lelang pekerjaan untuk JORR 3.

Ada lima ring yang akan melayani wilayah sekitar Jabodetabek. Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 kilimeter melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas.

Sebanyak 3 ruas telah rampung yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran 14,19 kilometer, Kunciran-Serpong 11,19 kilometer dan Serpong-Cinere 10,1 kilometer. Baca Juga: Resmikan Tol di Tangsel, Jokowi: Mesti Jadikan Daya Saing Daerah

“Untuk Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,96 triliun,” jelasnya.

Ruas ini menjadi terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I Kunciran – Tirtayasa sepanjang 2,04 kilometer. Seksi II Tirtayasa – Benteng Betawi sepanjang 3,52 kilometer. Kemudian Seksi III Benteng Betawi – H Sastranegara sepanjang 6,57 kilometer, dan yang terakhir Seksi IV H.Sastranegara – SS Benda sepanjang 2,06 kilometer.

Sedangkan untuk Ruas Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,1 km yang terdiri atas 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3,6 kilometer dengan progres pengerjaan 86 persen.

Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp2,1 triliun,” papar Danang.(yud)

Berita Terbaru