oleh

Denmark Borong Dua Juta Pil Yodium untuk Antisipasi Perang Nuklir Rusia

Kabar6-Badan Kesehatan Denmark mengumumkan akan membeli dua juta pil yodium untuk melindungi warga negaranya, sebagai antisipasi perang nuklir di wilayah mereka, akibat konflik Rusia dan Ukraina.

Yodium, melansir Gulfnews, dianggap sebagai salah satu pengobatan yang digunakan untuk mengobati kanker tiroid dalam kasus paparan radioaktif. Pembelian pil yodium di beberapa negara Eropa didorong akan kekhawatiran tentang insiden nuklir di Ukraina.

“Perkembangan COVID-19 selama dua tahun terakhir telah mengajarkan kita untuk selalu bersiap. Sementara perang di Ukraina juga telah menunjukkan kepada kita bahwa dunia tidak dapat diprediksi,” demikian rilis berita Badan Kesehatan Denmark. ** Baca juga: Patroli Lockdown, Shanghai Kerahkan Drone dan Robot Anjing

Sementara Menteri Kesehatan Denmark Magnus Heinicke mengatakan, saat ini belum ada risiko nyata karena negaranya berjarak lebih dari 900 kilometer dari pembangkit nuklir terdekat di Ukraina. Namun stok yodium akan digunakan jika terjadi kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir di sekitar Denmark.

Diketahui, stok dua juta pill yodium adalah untuk menangani kelompok berisiko termasuk anak-anak dan remaja hingga usia 18 tahun, wanita hamil dan menyusui, serta personel darurat hingga usia 40 tahun.

Pengiriman pil yodium pertama diharapkan akan datang dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan ke depan.(ilj/bbs)