Dengarkan Musik Terlalu Keras Sebabkan 4 Efek Merugikan Bagi Tubuh

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Banyak anak muda yang gemar mendengar musik memakai headphone atau earphone dengan menyetel volume keras atau mendekati maksimal. Padahal kebiasaan seperti ini sangat tidak disrankan.

Banyak ilmuwan, melansir Boldsky, mengklaim bahwa mendengarkan musik dengan suara keras dapat merusak telinga dan otak, bahkan dapat mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Apa saja sih pengaruh musik keras untuk tubuh?

1. Turunkan fungsi pendengaran
Ketika volume musik yang Anda dengarkan lebih dari 90 desibel, maka mulai merusak gendang telinga. Anda akan merasa mendengar musik berdengung di seluruh bagian telinga dan juga tubuh. Pada banyak kasus, tidak sedikit terjadi kehilangan pendengaran sementara karena sering mendengarkan musik terlalu keras.

Namun bila kejadian ini terus berlangsung, Anda bisa mengalami kehilangan pendengaran secara permanen. Pastikan Anda tidak menggunakan earphone dalam waktu yang lama, dan pastikan Anda memasang volume pada desibel yang tepat.

2. Masalah saraf
Mendengarkan musik yang terlalu keras ternyata dapat membuat saraf lemah. Anda akan merasakan adanya kerusakan saraf berlangsung jika terus mendengarkan musik dengan suara yang keras.

Hal ini berarti sinyal yang mencapai otak tidak berhasil mencapai tempat tujuannya dan jika masalah ini berlanjut maka dapat terjadi kerusakan otak dan fungsi tubuh lainnya.

3. Infeksi telinga
Berbagi earphone memungkinkan penyebaran infeksi yang berasal baik dari telinga Anda maupun orang yang Anda bagi. Bakteri jahat yang hidup di telinga dapat menempel di earphone dan dapat tersebar dengan mudah saat menggunakan earphone bersamaan.

4. Penurunan konsentrasi
Saat musik keras secara konstan menempel di telinga, secara tidak langsung konsentrasi Anda akan terbagi dan semakin menurun. Anda akan menyadari bahwa mendengarkan musik dapat membuat kemampuan dalam bekerja semakin menurun. ** Baca juga: Apa Sebab Anda Menguap?

Yuk, turunkan volume suara musik yang ingin didengarkan, agar kesehatan telinga Anda terjaga.(ilj/bbs)