oleh

Demokrat dan PKS Koalisi di Pilbup Tangerang

Kabar6-Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dipastikan akan berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Tangerang yang akan digelar akhir tahun ini.

Sinyalemen koalisi kedua partai besar itu, terlihat jelas saat partai Islam tersebut menerima tawaran Partai berlambang mercy ini, untuk menjadi calon orang nomor dua atau Calon Wakil Bupati (Cawabup) di pesta demokrasi pada Desember mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Daerah (BPPD) DPD PKS Kabupaten Tangerang, Wisnu Yudhamukti mengaku, partainya sangat menyadari tidak akan memilih posisi nomor satu atau Calon Bupati (Cabup).

Pasalnya, PKS sendiri berkaca pada suara yang diperoleh partainya di Pemilu Legislatif 2009 lalu yang hanya mampu meraih empat kursi di DPRD Kabupaten Tangerang.

Oleh karenanya, kata Wisnu, saat ini pihaknya terus intens menjalin komunikasi politik dengan partai lainnya.

Menyadari rendahnya elektabilitas itu, para pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), saat ini tengah merapatkan barisan dengan Partai Demokrat untuk membangun koalisi di Pemilukada kelak.

“Walaupun belum sampai tahap menunjuk siapa Cabup dan Cawabup dari masing-masing partai, tapi saat ini telah ada kesepahaman antara kedua partai untuk membangun koalisi,” ujarnya.

Ditambahkan Wisnu, PKS telah siap menerima, jika kadernya hanya dijadikan sebagai pendamping dari Demokrat.

“Kami sadari, kursi kami di DPRD sedikit. Kami realistis, jika kader PKS hanya dijadikan Cawabup,” imbuhnya.

PKS lanjut Wisnu, sedikitpun tak keberatan dipilih sebagai orang nomor dua, asal daerah berjuluk kota seeribu industri ini bisa berubah. Koalisi ini, kata dia merupakan salah satu langkah menuju ke perubahan itu.

“Kami pikir kedepan Kabupaten Tangerang memerlukan perubahan kearah yang lebih baik lagi. Untuk itu, PKS siap bertarung di Pemilukada nanti,” tandasnya.

Senada diungkapkan Sapri, meski secara resmresmi PKS belum menetapkan siapa figur yang akan diusungnya, namun pihaknya menyatakan siap bertarung. Pasalnya, seluruh mesin partainya telah siap bekerja untuk memenangkan kandidat yang diusungnya.

“Kami telah siapkan lebih dari 4 ribu kader yang akan berjuang di Pemilukada nanti. Terlebih, kami memang partai yang mengedepankan kader-kadernya,” kata Sapri yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Tangerang, dari fraksi PKS ini.

Ditegaskannya, kekalahan PKS di sejumlah Pemilukada di Banten serta Tangerang belum lama ini, tak menyurutkan niat partainya untuk bertarung di Pilbup ini.

“Kami tidak pernah jera dalam mengikuti pertarungan di Pemilukada. Yang pasti kami ingin menjadi pilihan alternatif di Pemilukada tahun ini dan seterusnya,” tandasnya.(din)

 

Berita Terbaru