oleh

Demokrat Banten Kerjasama dengan Bawaslu Cipatakan Pemilu Kondusif

Kabar6-Demokrat Banten meminta bimbingan dan arahan dari Bawaslu agar kontestasi politik di tahun 2024 bisa berjalan dengan baik dan lancar, termasuk menghindari politik identitas yang bisa merusak tatanan demokrasi di Indonesia yang sudah baik.

Bimbingan dan arahan dari Bawaslu juga bisa mencegah terjadinya pelanggaran hukum, saat pemilu 2024 nanti.

“Kami Partai Demokrat mengharapkan bimbingan, arahan dari Bawaslu. Agar kontestasi politik di 2024 juga berjalan aman dan tidak ada permasalahan, apalagi permasalahan hukum terkait pelanggaran,” kata Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya, dalam rilisnya, Selasa (05/07/2022).

Iti mengaku Partai Demokrat siap bekerjasama dengan semua lembaga, termasuk penyelenggara pemilu, agar pesta demokrasi serentak di tahun 2024 bisa berjalan dengan aman, lancar, jujur dan adil.

“Partai Demokrat siap bekerjasama, saling menjaga agar tidak ada permasalahan di kontestasi 2024, baik pileg, pilkada, pilpres,” ucapnya.

Bawaslu Banten yang di wakili oleh Nuryati Solahpari menerangkan, pihak pengawas pemilu kini tengah bersilaturahmi dengan seluruh pemangku kepentingan penyelenggara pemilu 2024, mulai dari partai politik (parpol) hingga penegak hukum.

**Baca juga: Dua Ribuan Hewan Ternak di Banten Terjangkit PMK Jelang Idul Adha

Pihaknya menerangkan bahwa, Bawaslu membuka Program Bawaslu Mendengar dikantornya. Progam ini sengaja dibuka untuk menerima aspirasi, konsultasi dan dialog dengan berbagai pihak.

“Tujuan Bawaslu adalah menjalin silaturahmi, menampung aspirasi, memulai koordinasi dan konsolidasi terhadap semua stakeholder, baik aparat penegak hukum, pemerintahan maupun partai politik. kami ingin membuka ruang diakusi agar kedepan, di pileg, meminimalisir pelanggaran, dan rambu-rambunya juga kami sosialisasikan,” kata Komisioner Bawaslu Banten, Nuryati Solahpari, dalam rilis yang sama, Selasa (05/07/2022).(Dhi)