oleh

Demi Lunasi Utang Rp3,6 Triliun, Kuba Tawarkan Minuman Keras Rum

Kabar6-Utang uang tentu saja harus dibayar dengan sejumlah uang pula. Namun, Kuba menawarkan cara yang tidak biasa untuk membayar utang mereka ke Republik Ceko. Ya, bukan menggunakan uang melainkan membayar dengan minuman keras rum buatan Kuba yang terkenal.

Kementerian Keuangan Republik Ceko, melansir theguardian, telah mengungkapkan usul itu dalam perundingan terbaru tentang pembayaran utang Kuba. Diketahui, Kuba berutang kepada pemerintah Ceko sebesar Rp3,6 triliun. Dan, jika tawaran Kuba itu diterima, maka Ceko akan memiliki persedian rum Kuba selama lebih dari satu abad. Rum Kuba sendiri adalah minuman yang populer di Ceko.

Sayangnya, pemerintahan Ceko yang berpusat di Praha, lebih suka mendapatkan separuh pembayaran utang itu dengan uang tunai. Utang Kuba pada Ceko terjadi di era Perang Dingin. Saat itu Kuba dan Ceko sama-sama bagian dari blok komunis.

Kuba sekarang tidak memiliki banyak uang. Tetapi negara itu memiliki banyak rum. Kementerian Keuangan Republik Ceko mengatakan, pembayaran utang itu mungkin lebih baik dengan rum atau obat-obatan farmasi. ** Baca juga: Astaga! Muncul Video Porno di Sela Upacara Pemakaman

Tetapi obat buatan Kuba memiliki kekurangan karena tak memiliki sertifikasi Uni Eropa, sehingga pembayaran dengan obat tradisonal Kuba yang juga populer di Republik Ceko lebih dimungkinkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru