oleh

Demi Foto Menakjubkan, Selama 4 Tahun Antoine Tumpuk Sampah

Foto di antara tumpukan sampah botol.(Bored Panda)
Foto di antara tumpukan sampah botol.(Bored Panda)

Kabar6-Banyak cara yang bisa dilakukan untuk turut berperan aktif peduli terhadap lingkungan. Salah satunya seperti yang dilakukan Antoine Repesse, seorang fotografer.

Antoine mengumpulkan sampah dan membentuknya menjadi serangkaian foto yang penuh makna. Dilansir Wolipop, sejak 2011 Antoine berhenti membuang sampah yang bisa didaur ulang untuk memberikan pesan dan makna tertentu.

Empat tahun kemudian, Antoine mulai mengubah sampah-sampah tersebut menjadi serangkaian foto menakjubkan. Projek foto dengan sampah daur ulang yang dikumpulkan fotografer asal Perancis ini disebut ‘#365 Unpacked’.

Kertas gulungan tisu pun unik jadi foto.(Bored Panda)
Kertas gulungan tisu pun unik jadi foto.(Bored Panda)

Disebutkan, melalui projeknya tersebut Antoine menantang semua orang untuk memikirkan kembali peranannya sebagai konsumen yang menghasilkan begitu banyak limbah atau sampah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-sehari.

Selama periode empat tahun itu, seniman yang tinggal di Lille ini telah mengumpulkan lebih dari 70 meter kubik sampah yang terdiri dari 1.600 botol susu, 4800 gulungan tisue toilet, dan 800 kg koran atau surat kabar. Sampah-sampah yang dikumpulkan Antoine ini kemudian dipisahkan dan ditaur di beberapa sudut ruang di dalam rumah untuk menampilkan visual yang lebih kuat.

“Saya ingin memberikan dimensi estetika pada pekerjaan saya. Pilihan untuk menyortir sampah memberikan efek grafis. Saya mencoba menghasilkan gambar yang sempurna dengan sesuatu yang menganggu,” ungkap Antoine.

Melalui serangkaian foto dengan sampah-sampah ini, Antoine mencoba untuk memulai dan berperan dalam perubahan besar untuk pengelolaan limbah atau pemanasan global, yang seringkali diacuhkan dan tak diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. ** Baca juga: Dompet Bisa Jebol, Ini Makanan Penutup Termahal di Dunia

“Kita sering diberitahu tentang jumlah limbah yang kita hasilkan. Tapi saya pikir dampak dan makna suatu gambar bisa lebih kuat daripada satu ton kata-kata,” jelas Antoine.(ilj/bbs)

Berita Terbaru