oleh

Delapan Bus di TTM Ditilang Kemenhub

Kabar6-Puluhan armada bus yang tengah singgah di Terminal Terpadu Merak (TTM) diperiksa Tim Keselamatan Transportasi, dari Dirjen Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (2/12/2015).

 

 

Pemeriksaan itu dilakukan terkait kelaikan dan standar keamanan armada bus dalam beroperasi mengangkut penumpang.

 

Kepala TTM, Robby Hidayat, yang mendampingi petugas Kemenhub mengaku, dari banyaknya kendaraan yang diperiksa, ada delapan armada bus yang dinyatakan tidak layak dan dikenakan tilang.

 

Itu lantaran kedelapan bus tersebut tidak memenuhi kelengkapan standar keamanan dan keselamatan armada. ** Baca juga: HUT Lebak Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa

 

“Pengecekan kelayakan dan kelengkapan kendaraan ini sebagai upaya  pengawasan terhadap keselamatan transportasi, khususnya transportasi darat. Dan, kita mendapati delapan bus tidak memeliki kelengkapan, seperti perlengkapan P3K untuk pertolongan pertama saat kecelakaan, termasuk apar guna mewaspadai kebakaran akibat konsleting listrik,” kata Robby.

 

Kebanyakan armada bus yang ditemukan dilapangan tidak memiliki kelengkapan tersebut, sehingga pihaknya akan terus menyosialisasikan agar seluruh penyedia jasa angkutan armada bus yang beroperasi melengkapi standar keamanan dan kelengkapan armadanya demi keselamatan dan keamanan penumpang.

 

“Nanti kami juga akan mensosialisasikan kepada para jasa penyedia bus, agar melengkapi busnya,” tambah Robby.(sus)

Berita Terbaru