oleh

Dehidrasi Bisa Diketahui dari 3 Gejala yang Terjadi pada Tubuh

Kabar6-Dehidrasi terjadi akibat asupan cairan yang kurang, atau kehilangan cairan yang lebih banyak dibanding yang masuk ke tubuh. Selain dahaga, dehidrasi dapat menimbulkan beberapa komplikasi bahkan dapat mengancam jiwa.

Karena itulah untuk mencegah dehidrasi, Anda sebaiknya mengetahui beberapa tanda saat mengalami dehidrasi. Melansir womenshealthmag, berikut tiga tanda yang dimaksud:

1. Sakit kepala
Saat kehilangan cairan dalam tubuh, Anda juga kehilangan elektrolit tubuh seperti natrium dan kalium. Dalam kondisi seperti ini, akan terjadi gangguan susunan kimiawi dalam darah Anda.

Organ tubuh yang paling sensitif dalam tubuh yaitu otak. Oleh karena itu, akan timbul gejala sakit kepala yang dirasakan tergantung kepada seberapa banyak Anda kehilangan cairan. Semakin banyak Anda kehilangan cairan, semakin banyak terjadi penurunan jumlah darah dalam tubuh, sehingga aliran oksigen ke otak berkurang. Sakit kepala yang Anda rasakan semakin memburuk.

2. Urine berwarna sangat kuning
Hal ini terjadi karena urine yang overkonsentrasi. Apabila Anda dalam kondisi terhidrasi, maka limbah dalam tubuh akan mudah dikeluarkan, namun bila dalam tubuh Anda kurang cairan makan limbah akan sulit keluar dari dalam tubuh.

3. Alami sembelit
Air akan membantu mengeluarkan limbah dari dalam tubuh melalui usus besar. Namun bila tubuh kekurangan cairan, maka limbah tersebut tidak dapat terdorong keluar. Selain itu membuat kotoran menjadi lebih padat. Maka Anda akan mengalami sulit buang air besar (BAB) atau sembelit. ** Baca juga: Benarkah Pria yang Malas Gosok Gigi Punya Kemampuan Seks Buruk?

Jadi, penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru