oleh

DBMSDA Sosialisasikan Pembangunan di Tujuh Kecamatan Tangsel

Kabar6-Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar safari sosialisasi program dan kegiatan pembangunan di tujuh wilayah kecamatan. Kebijakan ini untuk menjawab tuntutan peningkatan pelayanan publik yang lebih baik.

Kepala DBMSDA Retno Prawati, mengatakan, Kota Tangsel merupakan salah satu kota yang mengalami perkembangan cukup pesat dari sektor perekonomian dan jasa yang semakin dinamis.

Melihat perkembangan tersebut, pemerintah daerah dituntut agar mampu menyediakan infrastruktur yang memadai seperti jaringan jalan, drainase, utilitas serta penataan infrastruktur memadai.

“Perbaikan ini tentunya dalam rangka mengurai permasalahan kemacetan dan bajir yang acap kali terjadi di beberapa tempat di wilayah Kota Tangerang Selatan,” kata Retno dihadapan warga tamu undangan dari kalangan tokoh dan elemen masyarakat di Kecamatan Ciputat, kemarin.

Dijelaskannya, pembangunan direncanakan untuk menghasilkan tingkat pelayanan tertentu  dengan kebutuhan masyarakat sesuai tingkat pencapaian target yang diinginkan.

Sedangkan standar pelayanan merupakan indikator keberhasilan dari suatu program atau kegiatan yang akan menjadi tolak ukur kinerja keberhasilan.

“Pelaksanaan pembangunan akan berjalan lancar apabila didukung oleh masyarakat dan para stakeholder (pemangku kepentingan) terkait. Untuk itu perlu komunikasi dua arah yang terjalin dengan baik dari unsure masyarakat, dinas atau instansi terkait maupun dari aparat wilayah,” terang Retno.

Seperti halnya program kegiatan pembangunan jalan lingkungan dan drainase di wilayah Kecamatan Ciputat. Berdasarkan data DBMSDA terdapat 82 paket pekerjaan jalan lingkungan yang dikerjakan pada 2014 ini. Pelaksanaannya ada yang sudah dikerjakan serta masih dalam proses pelaksanaan melalui APBD Perubahan.

“82 paket pekerjaan jalan lingkungan ini berdasarkan APBD 2014, 77 paket penunjukan langsung, dan 5 paket lewat lelang tender pengadaan barang dan jasa LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik,” terang Kepala Seksi Pembangunan Prasarana SDA, Ahmad Fatullah.

Program kerja peninjauan ke sejumlah titik lokasi kegiatan pembangunan gedung pelayanan yang dibiayai APBD Kota Tangerang Selatan pun rutin digulirkan setiap pekannya. Seperti kegiatan yang melibatkan sejumlah perangkat daerah terkait, untuk titik pantau kali ini di sekitar Kecamatan Ciputat dan Pondok Aren dan wilayah kecamatan lainnya.

“Controlling (pengawasan) ini untuk mengetahui presentase ketepatan waktu dan efektifitas dari kualitas bangunan yang sedang dikerjakan. Kalau hasilnya baik tentunya kas daerah yang dikeluarkan tidak jadi mubazir,” kata Walikota Airin Rachmi Diany, kepada kabar6.com, Jum’at, 10 Oktober 2014.

Mengawali kegiatan peninjauan, titik lokasi yang dituju adalah kantor pelayanan masyarakat di Kelurahan Sawah, Ciputat. Pada kesempatan itu, rombongan sejumlah pejabat tinggi daerah melihat langsung proses pengerjaan infrastruktur jembatan di Jalan Tegal Rotan.

Nantinya jembatan ini akan menghubungkan antara Kecamatan Pondok Aren dengan Kecamatan Ciputat. Saat ini proyek tersebut akan memasuki tahap penyambungan konstruksi jembatan.(adv)

Berita Terbaru