oleh

Dapur Dapat mempengaruhi Keuangan dan Percintaan Anda

ilustrasiKabar6-Letak dapur biasanya terletak di bagian belakang rumah. Selain dianggap sebagai wilayah pribadi, sering dipandang sebagai area kotor, karena berhubungan dengan masak memasak dan mencuci peralatan dapur.

 

 

Sebaliknya menurut ilmu feng shui, dapur merupakan komponen primer dalam sebuah rumah yang harus diperhatikan. Ada tiga komponen primer paling penting yang harus diperhatikan saat membangun rumah yaitu pintu utama, kamar tidur, dan dapur. Di samping itu ada lagi tiga komponen sekunder yang tidak kalah penting yaitu letak tangga, letak wc atau kamar mandi, dan susunan atap.

 

Pengaturan dapur dapat memengaruhi baik buruknya keuangan, kesehatan, dan keharmonisan keluarga. Selain juga berhubungan dengan masalah percintaan. Tata letak dapur sebaiknya dilihat dari beberapa perhitungan. Pertama, letak atau lokasi dapur,kedua adalah komposisi, dan ketiga menyangkut interior.

 

Ukuran dapur harus sebanding dengan ukuran rumah dan sesuai keperluan. Dapur juga sebaiknya diletakkan di belakang rumah dengan pintu yang terlindung, sehingga tidak tampak dari depan rumah. Tidak dibenarkan juga jika dapur diletakkan di bagian depan rumah, atau dapur yang memiliki akses masuk yang memutar lewat belakang.

 

Dapur yang berada di sebelah garasi dan bisa menembus ke area belakang rumah, tidak bagus menurut feng shui karena keuangan rumah bisa bocor. Dapur yang bagus diletakkan di satu ruang khusus dengan menggunakan satu akses pintu. Namun jika memiliki rumah berukuran kecil, dan dapur yang menjadi jalur lalu lintas penghuni, maka akses yang menuju keluar dapur mesti dihalangi dengan sekat atau dibelokkan, sehingga kebocoran keuangan tidak terlalu banyak.

 

Interior dapur memiliki dua elemen alam yang saling kontradiktif yaitu elemen api dan air. Untuk mengaturnya, tentu memerlukan seni tersendiri. Unsur api yang diwakili kompor dan air diwakili tempat mencuci piring, tidak boleh saling berhadapan langsung atau bersebelahan.

 

Tetapi jika karena keterbatasan ruangan memaksa kedua elemen itu harus bersebelahan, antara kompor dan tempat mencuci piring harus diberi pembatas. Letak api kompor jangan terlalu rendah. Bentuk dapur yang aman adalah dengan membuat dapur berbentuk huruf L atau U.

 

Kompor yang mewakili unsur api sebaiknya diletakkan di sisi timur, tenggara, atau selatan. Jangan sekali-kali meletakkan kompor di sisi utara, karena utara mewakili unsur air. Perlu diperhatikan juga bahwa dapur mewakili empat zona yaitu zona memasak, zona mencuci, zona menyimpan, dan zona sampah. Untuk itu, sebaiknya lantai dapur dibuat lebih tinggi dari lantai ruang yang berada di sekitarnya.

 

Saran lain adalah letak dapur tidak boleh berhadapan dengan kamar tidur. Pasalnya, asap yang dihasilkan dapur akan dengan mudah masuk ke dalam kamar, dan akan mengganggu alam pikiran dan kesehatan penghuni rumah. Disarankan juga untuk tidak menghias dapur dengan warna-warna yang mewakili elemen logam, seperti warna putih atau abu-abu, atau elemen air seperti warna hitam.

 

Dapur sebaiknya memenuhi unsur nuansa kuning, cokelat, pink, merah, atau warna-warna lembut seperti warna hijau atau biru. Warna yang paling bagus adalah hijau dan biru karena keduanya mewakili unsur kayu. Keserasian posisi, interior, dan warna dapur membuat kehidupan Anda lebih tertata dan tentu saja harmonis.(ilj)

**Baca juga: Posisi Terbaik Pintu Pagar dan Pintu Rumah.

Berita Terbaru