Dapatkan Tidur yang Berkualitas Melalui Beberapa Kebiasaan Sederhana

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meskipun untuk mendapatkan tidur berkualitas, Anda disarankan untuk tidur selama delapan jam per hari, nyatanya tidak sedikit yang tidur kurang dari waktu yang disarankan, bahkan hanya beberapa jam saja.

Ternyata pola tidur yang baik tidak ditentukan oleh seberapa lama Anda tidur, melainkan seberapa nyenyak tidur Anda. Karena itulah meskipun memiliki waktu tidur yang lebih singkat, akan tetap terbangun dengan perasaan segar jika tidur dengan lelap.

Namun tahukah Anda, tidur lelap ternyata bisa berasal dari kebiasaan sederhana sehari-hari. Dikutip dari berbagai sumber, ini empat kebiasaan yang dimaksud:

1. Pasang earplugs
Seringkali tidur Anda terganggu dengan suara televisi, terlebih apabila memiliki rumah di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan bermotor. Untuk meminimalisir gangguan suara selama tidur, disarankan untuk menyumbat telinga Anda dengan earplugs.

2. Jangan selimuti telapak kaki
Anda mungkin pernah terbangun di tengah malam karena kepanasan. Kondisi ini terjadi karena tubuh mengalami , Biasanya terjadi jika Anda tidur dengan menggunakan selimut tebal atau Anda erada di lingkungan dengan iklim panas. Cara mudah untuk mengatasi overheat saat tidur adalah dengan membiarkan bagian telapak kaki keluar dari bawah selimut.

Kaki Anda nantinya akan membantu menurunkan suhu tubuh selama tidur melalui pori-pori kulit. Dengan demikian, suhu tubuh akan tetap stabil dan Anda bisa tidur nyenyak hingga pagi datang.

3. Mandi
Mandi satu setengah jam sebelum tidur akan membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga Anda lebih cepat mengantuk. Mandilah air hangat untuk membantu merelaksasi otot-otot tubuh yang tegang setelah seharian beraktivitas.

4. Rileksasi pikiran
Anda mungkin pernah mengalami kondisi tidak kunjung dapat tertidur lelap. Solusinya, hindari bermain gadget. Radiasi blue light pada ponsel dapat menghambat produksi hormon pemicu rasa kantuk. Atau menyalakan aroma terapi untuk membantu agar Anda lebih bisa rileks. ** Baca juga: 5 Fobia Ini Bisa Ancam Kesehatan Bila Tidak Segera Ditangani

Selamat mencoba.(ilj/bbs)