oleh

Danau Natron di Tanzania Disebut ‘Neraka’ Bumi yang Ubah Hewan Jadi Batu

Kabar6-Bagi sebagian besar hewan, danau bernama Natron yang terletak di Tanzania layaknya neraka di Bumi. Mengapa demikian? Hal ini tidak lain karena tingkat pH dan suhu dalam air yang sangat tinggi.

Suhu rata-rata danau ini, melansir newscientist, adalah 80 derajat Fahrenheit, tetapi dapat melonjak setinggi sekira 140 derajat dan memiliki pH hingga 10,5. Kandungan mineral dalam airnya diketahui merupakan kapur magmatik yang ada di dalam Bumi, dan keluar melalui aliran lava, sehingga membuat hewan seakan dicelupkan dalam adonan semen.

Satu-satunya spesies hewan yang dapat bertahan hidup di bawah permukaan danau adalah ikan alkaline tilapia (Alcolapia alcalica), yang dapat hidup hanya di sepanjang tepi di mana airnya kurang asin. Bakteri juga telah beradaptasi dengan air yang mematikan.

Meski disebut sebagai neraka, danau ini merupakan satu-satunya tempat berkembang biak bagi flamingo yang terbang rendah (Hoenicopterus minor).

Disebutkan, sebanyak lebih dari 1,5 juta flamingo lebih rendah berduyun-duyun ke danau Natron setiap tahun untuk berkembang biak, sebab mereka diketahui dapat menahan air mematikan karena kulit kasar mereka. ** Baca juga: Zinnia Jadi Bunga Pertama yang Mekar di Luar Angkasa

Tapi seperti yang ditunjukkan foto Brandt, bahkan flamingo kadang-kadang menjadi korban danau tersebut dan berubah menjadi batu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru