oleh

Dana Bansos Tangsel Belum Tersentuh, Kadinsos: 129 Ribu KK Terima Bansos Presiden dan JPS

Kabar6-Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Tangerang Selatan, Wahyunoto Lukman mengatakan, dana bantuan sosial untuk warga yang terdampak Covid-19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tangsel belum digunakan sama sekali.

Wahyu menerangkan, hal itu dikarenakan 129 ribu kepala keluarga (KK) di Kota Tangsel sudah masuk sebagai penerima bansos presiden melalui Kemensos, dan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi Banten.

“Belum, karena semua warga terdampak yang tidak mampu yang harus dibantu sudah terbantu dari sumber bansos presiden dari Kementerian Sosial dan JPS (jaring pengaman sosial) Provinsi Banten,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Selasa (4/8/2020).

Dirincikannya, sekitar 129 ribu warga Tangsel, penerima Bantuan Covid-19 itu 83 ribu diantaranya tercover oleh Kemensos RI dan 22 ribu lainnya dicover dari JPS Provinsi Banten.

“Kalau dipersentasikan dari jumlah KK (Kepala Keluarga) sudah 30 persen dari total 400 ribu KK,” paparnya.

Menurut Wahyu, angka tersebut jauh dari proyeksi penerima Bansos di Tangsel, yang sebelumnya diperkirakan maksimal hanya 25 persen dari total penduduk Tangsel. Atau berdasarkan asumsi warga miskin menurut BPS hanya 1,6 persen.

**Baca juga: Pesantren di Tangsel Jadi Klaster Baru Covid-19.

“Padahal asumsi kita yang terdampak tidak mampu itu ambang batasnya 25 persen sebanyak-banyaknya. Kita sudah 30 persen, dengan asumsi warga miskin menurut BPS 1,69 persen,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru