oleh

Dampak Buruk yang Terjadi Jika Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut dalam Kondisi Kosong

Kabar6-Tidak sedikit orang yang memulai hari sebelum berakitivitas dengan minum kopi, yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi sekaligus menghilangkan rasa kantuk.

Hal yang perlu diperhatikan, minum kopi saat perut kosong dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Melansir healthyway, ada tiga dampak buruk minum kopi pagi hari saat perut kosong:

1. Gangguan pencernaan
Saat minum kopi dalam perut kosong, lambung akan memproduksi asam klorida secara berlebihan yang berdampak pada pencernaan menjadi terganggu, dan Anda bisa merasakan mulas.

Padahal, asam klorida di lambung sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Adanya bakteri jahat juga bisa menyebabkan kentut menjadi bau busuk.

2. Menghilangkan nutrisi
Berdasarkan penelitian, minum kopi dapat mengosongkan lambung dengan cara mengeluarkan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Jadi minum kopi saat perut kosong akan menyerap vitamin dan mineral dalam tubuh sehingga memungkinkan tubuh kekurangan nutrisi.

3. Kecemasan dan depresi
Ternyata, kopi juga dapat meningkatkan kecemasan dan depresi. Hal ini karena kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin.

Kondisi ini akan mengganggu produksi hormon serotonin yang meningkatkan kebahagian dalam diri. ** Baca juga: 4 Makanan yang Bisa Jadi Penyumbang Kalori Terbesar

Jadi sebagai ganti kopi, lebih baik minum segelas air putih hangat saat bangun tidur, dan satu buah apel saat perut kosong. Karena itu memiliki banyak manfaat menjadi lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru