oleh

Damkar Lebak Bentuk Pos WMK Selatan

Kabar6-Kasus kebakaran di Kabupaten Lebak meningkat pada 2018. Dari total 89 peristiwa, 75 persen nya tak bisa tertanggulangi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) karena di luar Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK).

Untuk menanggulangi kebakaran di wilayah Lebak selatan yang tak bisa tertanggulangi karena jarak yang sangat jauh dengan pos di Rangkasbitung, Damkar Lebak membentuk satu pos WMK di wilayah tersebut.

“Kemarin survei ada bangunan yang bisa kita pakai. Sementara ini pos penempatan sementara di Kecamatan Malingping,” ujar Kasi Damkar Lebak, Suparmin kepada Kabar6.com, Sabtu (5/1/2019).

Suparmin menjelaskan, WMK selatan mencakup wilayah seperti Malingping, Cihara, Cijaku, Wanasalam, Panggarangan.

“Sesuai dengan respon time 15 menit, ya kami tanggulangi walaupun sampai ke Bayah, Kita perhatikan juga medan jalannya. Yang kita kejar kan respon time-nya ya,” jelasnya.

Sementara ini, direncanakan tiga sampai enam orang personel akan ditempatkan di pos WMK selatan dengan pelaksanaan teknis dalam penanggulangan kebakaran tetap dengan melakukan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan pihak terkait.

“Personel sudah ready. Harusnya di Januari ini sudah beroperasi, tetapi karena kesiapan sarprasnya yang belum, berkaitan dengan armada,” ujarnya.

“Sementara ini kami berdayakan yang ada dulu untuk ke sana,” sambungnya.

Lebih lanjut kata Suparmin, pihaknya masih mencari lokasi yang tepat untuk pos WMK secara permanen.

“Tentu yang representatif ya, artinya jalur aksesnya bagus, tidak menyulitkan kami saat melakukan penanggulangan di titik pemberangkatan awal. Mudah dijaungkau oleh masyarakat dalam pelaporan dan terkait jaringan juga jadi pertimbangan ya,” paparnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Lebak, Dartim mengatakan, pada tahun ini Pemkab Lebak mengganggarkan untuk pengadaan satu unit mobil Damkar.**Baca Juga: Badan Rescue Nasdem Gelar Pengobatan Gratis Bagi Korban Banjir di Patia.

“Tahun 2019 ada pengadaan sarpras penambahan satu unit Damkar untuk di WMK selatan membantu menanggulangi kebakaran di wilayah itu. Untuk personel di sana dua regu,” kata Dartim.(Nda)

Berita Terbaru