oleh

Daliyah, Balita yang Telah Baca Seribu Buku

Daliyah Marie Arana.(Lisa a la mode)
Daliyah Marie Arana.(Lisa a la mode)

Kabar6-Sekilas, Daliyah Marie Arana mungkin seperti balita lainnya yang lucu dan menggemaskan. Hal yang membedakan adalah bocah berusia empat tahun ini sudah membaca seribu buku.

Balita asal Gainesville, Georgia, ini dikutip dari Detik, memiliki ketertarikan membaca sejak berumur 18 bulan, yakni ketika dirinya mulai mengenali kata-kata. Orangtua Daliyah memang sering membacakan cerita sejak buah hati mereka lahir.

Setelah mengenali kata-kata dan tertarik membaca, Daliyah pun dikenalkan pada huruf. Ketika berusia tiga tahun, Daliyah sudah bisa membaca sendiri. “Kami membaca setiap hari, sekitar 15 sampai 20 menit sehari,” ujar Haleema, ibunda Daliah, kepada Times of Gainesville, dikutip dari White House Report.

Kegemaran membaca ini membuat orangtua Daliyah mengirimkan surat kepada Carla Hayden, pengurus di Library of Congress. Hingga akhirnya Daliyah diundang untuk datang ke perpustakaan yang memiliki koleksi berbagai buku dari penjuru dunia.

Juru bicara Library of Congress mengatakan bahwa program Librarian for the Day seperti yang diikuti Daliyah rencananya akan digelar secara reguler. Target pesertanya adalah anak-anak hingga berumur 16 tahun. ** Baca juga: Fantastis, Panjang Kaki Caroline Lebih dari 130 Sentimeter

Program ini bertujuan untuk mencetak sarjana muda dan membuat perpustakaan jadi lebih mudah diakses orang-orang Amerika dari segala usia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru