oleh

Dalam Mumi Bayi Kuda Berusia 42 Ribu Tahun Ada Darah Cair

Kabar6-Para ilmuwan dari Siberia mengatakan bahwa mereka berhasil mengekstrak darah cair dari mumi bayi kuda yang telah berusia 42 ribu tahun. Agustus tahun lalu, jasad anak kuda jantan ditemukan di kawah Batagaika, Yakutia, Rusia Utara, dalam kondisi hampir sempurna.

Jasad tersebut, melansir nationalgeographic, diduga sebagai spesies kuda Lenskaya yang sudah lama punah dan pernah berkeliaran di Yakutia pada Zaman Paleolitik. Kemungkinan hewan tadi mati saat berusia satu atau dua minggu dan bertahan dengan kondisi terawetkan karena wilayah Yakutia sangat dingin. Hal yang lebih menakjubkan, tahun ini para peneliti dari Mammoth Museum berhasil mengungkap ‘bagian dalam’ anak kuda yang masih dalam kondisi baik.

Mereka menemukan sampel darah cair di pembuluh jantungnya, yang kemudian mendapat julukan ‘darah tertua di dunia’.

“Hasil autopsi menunjukkan organ internal yang terawetkan dengan indah. Sampel darah cairnya diambil dari jantung. Jaringan otot mempertahankan warna kemerahan alami mereka,” jelas Dr Semyon Grigoryev, kepala Mammoth Museum. ** Baca juga: Nyawa Nyaris Melayang Gara-gara Tahan Bersin

Ditambahkan, “Kami menyatakan bahwa ini merupakan hewan dari Zaman Es yang terawetkan paling baik yang pernah ditemukan di dunia.”. Saat ini, para peneliti berharap dapat mengumpulkan sel-sel dari anak kuda yang layak untuk mengkloning spesies.(ilj/bbs)

Berita Terbaru