oleh

Daftar Bandara Terburuk Versi Pilot

 Manila Ninoy Aquino International Airport.(bbs)
Manila Ninoy Aquino International Airport.(bbs)

Kabar6-Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.

Beberapa bandara ada yang dijuluki sebagai terbaik, terkeren, bahkan terseram. Nah dari forum Reddit, dilansir Independent, berikut daftar bandara yang tidak direkomendasikan oleh pilot untuk disinggahi, dikutip dari cnnindonesia.com:

1. Los Angeles (LAX), Amerika Serikat
Menjadi satu dari tujuh bandara tersibuk untuk lalu lintas penumpang di dunia. Bandara ini meninggalkan kesan yang melekat di benak pilot dan penumpang. Sayangnya bukan kesan yang baik.

“Ada proses konstruksi di mana-mana, dan selalu banyak taksi yang tidak beraturan di sana,” ujar salah satu pengguna Reddit, yang berprofesi sebagai pilot.

Meskipun demikian, LAX masih punya “senjata” yang jadi daya tarik, yakni restoran dengan atap ekstra tinggi. Dibuka sejak 1930, di bandara ini terdapat restoran setinggi 21 meter, dan menjadi lokasi terkenal untuk melihat pesawat.

2. Kathmandu (KTM), Nepal
Bandara ini dinamakan Tribhuvan International Airport. Lokasinya terletak di lembah Kathmandu, dan jauh dari pusat kota.

“Kathmandu adalah bandara terburuk di dunia sejauh ini,” ujar pilot lainnya.

“Satu stasiun bus andalan dengan isi mencapai 600 persen, tidak ada fasilitas yang layak dan keamanan yang membingungkan.”

3. Paris Charles de Gaulle (CDG), Prancis
Menjadi bandara tersibuk kedua di Eropa setelah Heathrow, dibuka pada 1974. Bandara ini menjadi terkenal setelah pengumuman interkom yang dimasukkan dalam film arahan sutradara, Roman Polanski.

Meski begitu, ini bukan berarti lepas dari cemoohan penumpang. “Jangan pernah pergi ke sana, jika Anda pergi dalam waktu seminggu.”

Beberapa penumpang pun menyatakan pernah kehilangan 50 persen isi kopernya. Selain itu, masalah keamanan karena tidak dijaga dengan baik, ada satu penumpang yang menyatakan dapat masuk ke dalam bandara tanpa pemeriksaan boarding pass.

4. Manila Ninoy Aquino International Airport (MNL), Filipina
Bandara ini menjadi satu yang paling tidak disukai oleh pilot berpengalaman. Konstruksinya yang buruk dan terpisah-pisah menjadi alasan utama.

“Dibanding Ninoy Aquino di Manila, semua bandara di Asia lainnya adalah istana,” kata seorang pilot.

5. Chicago (ORD), Amerika Serikat
Bandara yang sebenarnya bernama O’Hare International Airport ini, merupakan terminal kedatangan yang paling sering dikritik karena masalah cuaca.

Salah seorang pilot menyatakan saat akan mendarat di sana, meski hanya ada salju dengan ketebalan satu inci, hal itu akan membuat pihak bandara menutup akses.

6. Heathrow (LHR), Inggris
Terminal 4 di bandara ini dinilai sangat buruk, meski sudah menghabiskan sekira Rp3,7 triliun menjelang pembukaannya pada 1986.

Para pilot tidak memiliki banyak kritik yang spesifik tentang bandara ini, meskipun demikian, jika ada keluhan diskusi internal di kalangan pilot mengenai bandara terburuk, Heathrow masuk di dalamnya.

7. Pyongyang Sunan International Airport (FNJ), Korea Utara
Bandara ini jadi tidak lazim karena menggunakan pintu yang sama untuk kedatangan dan keberangkatan. Penumpang pun hanya bisa meratapi adanya satu ruang internet. Itu pun dengan koneksi yang sangat buruk.

Para penumpang yang hendak liburan harus melalui pemeriksaan oleh staf bandara terlebih dahulu, sebelum akhirnya mendapat izin untuk keluar dari bandara dan menjejakkan kaki di negara paling tertutup di dunia itu.

8. Bandara Sao Paulo-Congonhas (CGH), Brasil
Sama seperti di Chicago, cuaca juga menjadi masalah bagi bandara ini. Lokasi bandara pun terletak di daerah yang sangat padat.

Pada 2007, karena landasan licin, satu pesawat tergelincir dan menabrak sebuah gudang. Kecelakaan itu menewaskan seluruh penumpang dan pilot yang bertugas.

Walau sistem drainase sudah diperbaiki setelah kecelakaan tragis tersebut, namun hujan deras memaksa ditutupnya seluruh bandara selama enam jam pada Maret 2016. Seorang pilot mengatakan, Bandara Sao Paulo adalah tempat yang lebih baik dihindari.

9. Bandara LaGuardia (LGA), New York City, AS
Banyak pilot Amerika Serikat yang secara khusus mendarat di bandara ini untuk merasakan pengalaman dan mengkritik langsung.

“Ada landasan pacu yang saling bersilangan, satu untuk lepas landas dan satu untuk mendarat. Terus menerus ada penundaan penerbangan. Terminalnya sempit dan tampak usang.”

Padahal, LaGuardia merupakan bandara bersejarah yang telah beroperasi sejak 1939.

10. Madrid-Bajaras (MAD), Spanyol
Bandara ini jadi yang tersibuk di Spanyol. Sayangnya, bukan berarti menjadi pujaan para pilot dan pengunjung.

“Tempat ini mengerikan. Terminal sempit panjang, berarti harus jalan berkilo-kilometer,” kata salah satu pengunjung.

Para pengguna bandara ini pun mengeluhkan harga makanan yang tidak masuk akal, baik di restoran atau yang dibeli lewat mesin. ** Baca juga: Emas Tengkorak, Kursi Handmade Termahal di Dunia

Hmm…ternyata bandara di beberapa kota besar pun masih banyak yang tidak disukai ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru