oleh

Daftar 5 Pesawat Komersial yang Jatuh Dihantam Rudal

Kabar6-Anda tentu sering mendengar insiden kriminal yang melibatkan penerbangan komersil di negara yang sedang mengalami konflik kekuasaan atau dalam situasi peperangan.

Misalnya saja insiden pembajakan oleh teroris, pemboman dan penembakan pesawat hingga jatuh, baik disengaja atau tidak disengaja. Para penggemar teori konspirasi menganggap, beberapa laporan mengenai insiden tersebut disembunyikan untuk kepentingan diplomatis, dan publik dibiarkan sekadar mengetahui bahwa jatuhnya pesawat-pesawat tadi murni kecelakaan semata.

Pesawat-pesawat apa saja yang mengalami peristiwa nahas tersebut? Melansir keepome, ini lima daftar penerbangan komersil yang dikabarkan jatuh di beberapa daerah negara konflik akibat dihantam tembakan rudal.

1. Pesawat Libyan Arab Airlines, Penerbangan 114
Pesawat jenis Boeing 727-200 ini jatuh pada 21 Februari 1973 dalam perjalanan dari Tripoli, Libya menuju Kairo melalui Benghazi, Libya, tercatat hanya lima dari 113 penumpang yang selamat. Pesawat ini ditembak oleh pesawat tempur Israel di atas Gurun Sinai.

Israel mengatakan, pesawat tersebut terbang di atas kamp konsentrasi militer, dan lapangan terbang militer Israel di sepanjang Terusan Suez yang saat itu sudah diduduki pasukan Israel. Mereka bahkan mengklaim bahwa tindakan penyerangan terhadap pesawat tersebut bertujuan untuk menggagalkan kemungkinan tindakan terorisme.

2. Pesawat Malaysia Airlines, Penerbangan 17
Pesawat jenis Boeing 777 yang mengangkut 298 penumpang dan awak pesawat, terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, dilaporkan jatuh di timur Ukraina yang berbatasan dengan Rusia pada 17 Juli 2014.

Anton Geraschenko, anggota kelompok separatis pro-Rusia mengatakan bahwa pesawat tersebut jatuh dihantam rudal. Lokasi terjatuhnya pesawat tepat di wilayah militer Ukraina yang sedang memerangi kelompok separatis pro-Rusia tersebut.

Pemerintah Rusia tentu membantah keterlibatan mereka dalam insiden ini, tetapi dukungan pemerintah Rusia terhadap kelompok tersebut menimbulkan kecurigaan tim investigasi internasional.

Ada empat orang terdakwa yang dikabarkan terlibat dalam kasus jatuhnya pesawat, tiga orang di antaranya memiliki keterkaitan dengan badan intelijen Rusia.

3. Pesawat Trans World, Penerbangan 800
Pesawat jenis Boeing 747-100 yang dijadwalkan menuju ke Roma dan singgah di Paris ini meledak serta menabrak Samudra Atlantik dekat East Moriches, New York pada 17 Juli 1996, sekira 12 menit setelah lepas landas dari bandara internasional John F Kennedy. Tercatat 230 jiwa tewas dalam insiden tersebut.

FBI dan Satuan Tugas Gabungan Terorisme Departemen Kepolisian New York mengumumkan bahwa tidak ditemukan bukti serangan terorisme, namun spekulasi mengenai serangan rudal kian berhembus di kalangan masyarakat hingga penyelidik kecelakaan untuk penerbangan Jim Speer terus melakukan investigasi.

4. Pesawat Korean Airlines, Penerbangan 007
Pesawat ini jatuh pada 1 September 1983, setelah ditembak oleh jet tempur Soviet, tercatat 269 penumpangnya tewas. Uni Soviet mencurigai pesawat tersebut terbang dalam misi pengintaian. AS, Jepang, dan Uni Soviet kemudian mencari black box pesawat di lautan Okhotsk, tetapi tidak pernah ditemukan.

5. Pesawat Itavia 870
Pesawat Itavia jatuh pada 27 Juni 1980 di Laut Tyrrhenian, dekat pulau Ustica, Italia. Tim investigasi mengatakan bahwa ada sebuah rudal yang ditembakkan ke mesin pesawat.

Tidak diketahui dari mana rudal tersebut berasal, tetapi pengadilan mewajibkan pemerintah Italia memberikan kompensasi kepada keluarga korban. Secara implisit, Italia dicurigai sebagai pengirim rudal tersebut.

Ada banyak teori yang bermunculan mengenai jatuhnya beberapa pesawat komersil, sebagian besar erat kaitannya dengan peperangan dan konflik antarnegara. ** Baca juga: Selama 5 Tahun, Pria Asal Korsel Ini Gemar Benturkan Kepalanya ke Pohon

Menyedihkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru