oleh

Curdi, Desa di Bawah Air yang Muncul Setahun Sekali

Kabar6-Setiap desa tentu memiliki ciri khas tersendiri. Demikian pula dengan sebuah desa kecil bernama Curdi, yang terletak di negara bagian Goa, India. Desa ini memiliki keunikan yang tak dimiliki desa lain, bahkan di seluruh dunia.

Namun di satu sisi, keunikan itu terpaksa membuat penduduk di desa Curdi di waktu-waktu tertentu harus tinggal di tempat lain. Apa yang sebenarnya terjadi? Melansir timesofindia, selama 11 bulan desa Curdi akan ‘tersembunyi’ di bawah permukaan air. Sementara satu bulan sisanya, desa ini akan muncul ke atas permukaan air. Dengan kata lain, desa ini hanya terlihat satu kali sebelum akhirnya bersembunyi lagi di bawah permukaan air.

Dan ketika desa Curdi muncul ke permukaan air, penduduknya kembali lagi untuk melakukan perayaan. Diketahui, desa ini sebelumnya merupakan wilayah yang cukup makmur dan berkembang.

Desa Curdi terletak di antara dua bukit, dan dibelah oleh aliran sungai Salaulim yang memberikan pasokan air ke desa tersebut. ** Baca juga: Reruntuhan Masjid Tertua di Eropa Ditemukan Tim Arkeolog

Fenomena unik tersebut mulai muncul ketika bendungan pertama yang dibangun India pada 1986 mengakibatkan desa Curdi tenggelam. Tetapi uniknya, setiap Mei air pada bendungan tersebut surut dan memunculkan kembali desa Curdi.

Sayangnya, kini desa Curdi hanya tersisa reruntuhan dan bekas-bekas bangunan, serta berbagai struktur desa lainnya.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru