oleh

Curah Hujan Sangat Tinggi, BMKG Ingatkan Potensi ‘Genangan’ di Tangsel

Kabar6-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ingatkan masyarakat di Kota Tangerang Selatan agar mewaspadai potensi banjir di bulan Februari 2021.

“Masyarakat perlu mewaspadai terjadinya genangan pada bulan Februari akibat adanya peningkatan hujan,” ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan, Yanuar Henry Pribadi kepada Kabar6.com, Sabtu (30/1/2021).

Yanuar menjelaskan, hal itu karena adanya peningkatan hujan di wilayah Banten dan DKI Jakarta, selain itu juga ada peningkatan hujan di wilayah hulu sungai disekitar Bogor.

“Peningkatan ini juga terjadi di wilayah Banten dan DKI Jakarta serta wilayah hulu sungai di sekitar Bogor yang bisa menyumbang genangan ke sekitar wilayah Jakarta dan Tangerang,” terangnya.

Yanuar menerangkan, Kota Tangerang Selatan pada bulan Februari ini diprakirakan akan memasuki puncak musim hujan dan diprakirakan di bulan Februari hujan akan berpotensi mengalami peningkatan.

“Khusus wilayah Tangerang Selatan hujan di prakirakan di Bulan Februari kategori sangat tinggi antara 401-500 mm per bulan atau jumlah total sebulan yang nilai tersebut meningkat 30 persen di bandingkan biasanya atau normalnya,” ungkapnya.

**Baca juga: BMKG Sebut Suhu di Tangsel Turun Hingga Pertengahan Februari

Puncak musim hujan ini, Yanuar menjelaskan, juga berlaku untuk seluruh wilayah Provinsi Banten terkhusus Kota Tangsel.

“Untuk potensi petir akan mulai berkurang pak. Tetapi perlu waspada ke hujannya yang meningkat menjadi sangat tinggi tadi,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru