oleh

Cuma Simulasi, Swan Air Meledak di Bandara Soetta

Kabar6-Pesawat Swan Air asal Syidney, Australia, gagal mendarat hingga akhirnya meledak di Runway Utara Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (16/10/2014).

Dalam tragedi pesawat jenis Boing B 777 seri 200 itu, 5 penumpang diceritakan tewas, sedangkan puluhan lainnya menderita luka-luka dan langsung dievakuasi guna mendapatkan pertolongan.

Eiit, jangan panik dulu. Karena tragedi kecelakaan pesawat itu bukan sebenarnya. Melainkan hanya simulasi penanggulangan kondisi darurat yang digelar pengelola bandara, PT Angkasa Pura (AP) II.

Dalam skenario kecelakaan pesawat itu digambarkan, bila insiden terjadi setelah pesawat yang akan mendarat mengalami gangguan pada roda depan yang tidak keluar secara sempurna.

Sesaat setelah kecelakaan terjadi, tampak petugas dengan sigap beraksi. Mulai dari melakukan evakuasi terhadap penumpang yang menjadi korban, hingga memadamkan api yang menyelimuti badan pesawat.

Kepala Cabang PT AP II Bandara Soetta, Bram Baroto Tjiptadi berharap, dengan simulasi itu seluruh elemen terkait, mulai dari petugas pemadam, Basarnas, kepolisian, Imigransi dan termasuk PT AP II sendiri, selalu siap siaga dalam menghadapi kondisi terburuk di Bandara Soetta. **Baca juga: Sepatu Asli Tangerang Bersaing di Pasar Nasional.

“Simulasi ini sebagai bentuk kesiapsiagaan Tim Penanggulangan Bencana dikawasan Bandara Soetta,” ujar Bram Baroto lagi.(rani/ges)

Berita Terbaru