oleh

Cuma Simulasi, Banjir Terjang Situ Ciledug

Kabar6-Kacau di Situ Ciledug, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (11/11/2014). Jerit histeris membaur dalam nuansa kepanikan warga, manakala banjir besar tiba-tiba datang menerjang.

Seolah berlomba, warga tampak berpacu menuju dataran yang lebih tinggi. Sementara, gelombang air dari luapan sungai yang tak mampu lagi menampung curah hujan, terus menerjang.

Tak lama berselang, puluhan petugas rescue tiba dilokasi. Dengan sigap, sejumlah perahu karetpun diterjunkan ke air. Mereka langsung mengambil langkah evakuasi terhadap warga yang terjebak dalam banjir.

Namun, kekacauan akibat bajir itu bukan sebenarnya. Cuma simulasi yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, sebagai bentuk pelatihan dan kesiagaan petugas sekaligus warga, dalam menghadapi banjir yang bisa datang tiba-tiba.

Maklum, kini sudah memasuki musim penghujan. Dan, ada puluhan titik diwilayah ini yang sejak beberapa tahun terakhir menjadi langganan banjir saat musim penghujan tiba.

Simulasi diikuti oleh 80 peserta dari perwakilan organisasi se-Kota Tangsel. Tujuannya memberikan pengetahuan dalam hal pembuatan keputusan darurat disaat terjadi bencana banjir.

“Ini upaya meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan dalam menghadapi bencana. Mulai dari sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana dan juga setelah terjadinya bencana,” ujar Plt Kepala BPBD Kota Tangsel, Uci Sanusi disela simulasi.

Dengan simulasi itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada bisa mengidentifikasi berbagai gejala bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Sehingga, dapat dicari solusi terbaik, demi meminimalisir dampak bencana.

Selain pelatihan praktek, para peserta juga mendapatkan pengetahuan penanganan bencana secara teori dan praktek dari nara sumber, ditambah dialog interaktif antara peserta dengan nara sumber.

“Para peserta juga mendapat pembekalan tentang manajemen dan pengelolaan dapur umum, pendirian tenda, serta melakukan P3k/PPGD bila ada warga yang mengalami kecelakaan saat terjadi bencana,” ungkap Uci. **Baca juga: Keroyok Pengemudi, 4 “Pak Ogah” di U-Turn WTC Serpong Ditangkap.

Sayangnya, simulai yang digelar menjadi kurang semarak, karena Sekertaris Daerah (Sekda) Dudung E Diredja yang notabennya menjabat Kepala BPBD setempat, tidak tampak hadir.(way)

 

Berita Terbaru