oleh

Cuci Tangan Sangat Efektif Cegah COVID-19, Ini Alasannya

Kabar6-Salah satu cara sederhana untuk mengurangi terpapar COVID-19 (virus corona) adalah dengan rutin mencuci tangan, sebelum atau sesudah melakukan sebuah aktivitas.

“Mencuci tangan adalah cara terbaik kedua untuk mencegah infeksi,” kata Dr. Dan McGee, dokter anak di Rumah Sakit Helen DeVos Children di Grand Rapids, Michigan. “Cara terbaik yang pertama adalah Anda mendapatkan vaksin, itu pun jika ada.”

Sabun merupakan adalah senjata luar biasa yang kita miliki di rumah. Hal ini, melansir Womantalk, karena virus corona adalah virus ‘terbungkus’, yang berarti ia memiliki lapisan membran lipid luar. Pada dasarnya, virus ini dikelilingi oleh lapisan lemak. Mencuci tangan dengan sabun dan air memiliki kemampuan untuk ‘melarutkan’ lapisan lemak berminyak ini dan membunuh virus.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews mengungkapkan, mencuci tangan membantu memperlambat penyebaran penyakit. Bahkan, mencuci tangan mengurangi kemungkinan tertular penyakit pernapasan sebesar 54 persen.

Mencuci tangan dikenal sebagai cara utama untuk memperlambat penyebaran infeksi pada 1850-an ketika Louis Pasteur dan Joseph Lister mendokumentasikan apa perbedaan besar yang terjadi antara mencuci tangan versus tidak mencuci tangan.

Dr. McGee menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan air hangat dan sabun. Beberapa orang berpikir sabun antibakteri lebih baik, tetapi menggunakannya setiap saat dapat menjadi bumerang. Ia memperingatkan agar tidak terlalu mengandalkan sabun antibakteri.

“Jika semua orang menggunakan sabun antibakteri, Anda akan benar-benar mendorong bakteri yang kebal obat untuk berkembang,” katanya. “Sabun dan air apa pun sudah cukup bagus.” ** Baca juga: Begini Hubungan Antara Makanan dan Penuaan

Mengenai durasi, Dr. McGee menyarankan orang bernyanyi lagu selamat ulang tahun dua kali. Mudah, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru