oleh

Cuaca Ekstrim, Warga Tangerang Diimbau Selalu Berhati-hati

Kabar6-Mulainya cuaca ekstrim di sebagian wilayah Tangerang, warga diimbau untuk terus berhati-hati dah tidak berteduh di bawah pohon. Hal tersebut dikarenakan hujan lebat dan angin kencang pada Selasa (12/11/2019) hingga Rabu (13/11/2019) menyebabkan puluhan pohon tumbang dan merusak puluhan rumah warga.

Hal itu dikatakan Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Pusat Harry Tirto Djatmiko, Jumat (14/11/2019).

“Ada potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan yang belum rutin dan belum merata (sporada). Potensi hujan dapat dimungkinkan, terkadang lebat disertai kilat, petir dan angin kencang berdurasi singkat,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Harry, pihaknya mengimbau kepada warga yang melakukan aktivitas untuk tetap mewaspadai jalan licin dan jarak pandang yang terbatas.

“Untuk pengendara baik roda dua maupun roda empat agar tetap berhati-hati,” ucapnya.**Baca juga: Tak Hanya Adiwiyata, SMPN1 Curug Juga Bidik Juara Sekolah Sehat Nasional.

Menurut Harry, banyak pohon-pohon tumbang akibat angin kencang. Untuk mengurangi resiko tumbangnya pohon, masyarakat diingatkan untuk memotong bagian pohon-pohon besar dan tinggi, untuk mengurangi beban berat pada pohon.

“Masyarakat perlu melakukan pengecekan kelistrikan baik di rumah maupun bangunan yang lainnya. Dan tidak berlindung di bawah pohon untuk menghindari adanya sambaran petir,” pungkasnya.(Vee)

Berita Terbaru