oleh

Cuaca Ekstrim di Anyer dan Carita, BMKG: Wisatawan Perhatikan Cuaca

Kabar6-Gelombang tinggi akan mewarnai libur natal dan tahun baru (Nataru), di perairan Banten. Bahkan, ketinggiannya mencapai 4 meter untuk di perairan Banten bagian selatan.

Gelombang tinggi itu akan menghantam perairan Selat Sunda bagian Utara, yakni wilayah Merak, Anyer, hingga Carita.

Begitupun di perairan Selatan Banten, seperti wilayah Pantai Labuan, Tanjung Lesung, Bagedur, hingga Sawarna. Sehingga wisatawan diminta memperhatikan cuaca saat akan berlibur ke Banten.

“Ketinggian gelombang di Selat Sunda bagian Utara 0,5 meter hingga 1,25 meter. Lalu perairan Selat Sunda bagian Selatan dan perairan Selatan Banten, ketinggian gelombangnya mencapai 1,25 meter hingga 4 meter,” kata Prakirawan BMKG Klas I Serang, Trias Asmarahadi, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Jumat (13/12/2019).

Hujan ringan hingga deras juga akan menerjang wilayah Banten, selama libur Nataru. Sehingga masyarakat yang akan berlibur atau menghabiskan malam panjangnya, diharapkan berhati-hati.

“Karena di bulan Desember, sudah memasuki musim penghujan. Untuk libur nataru, diprediksi akan mengalami hujan ringan sampai deras,” terangnya.

Bagi masyarakat lokal Banten ataupun wisatawan luar daerah yang akan menghabiskan malam natal dan Tahun Baru, diharapkan selalu memantau cuaca disitus resmi BMKG.

**Baca juga: Bentuk BUMD Agrobisnis, Banten Terapkan Omnibus Law Ala Jokowi.

Jika bermain di pantai, agar terus memantau ketinggian gelombang, kecepatan angin dan hujan dilokasi liburan. Selain itu, diharapkan tidak bermain dilokasi wisata sendirian, terutama tetap menjaga anak kecil yang sedang bermain.

“Agar liburan di tahun ini bisa berjalan sesuai keinginan. Untuk masyarakat sebelum berlibur, khusus nya di sekitar pesisir atau pantai, bisa update cuaca dan peringatan dini gelombang tinggi,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru