oleh

Command Center Dikunjungi Kemendes, Pemkab Lebak Sampaikan Ini

Kabar6-Tim dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berkunjung ke Kabupaten Lebak, Jum’at (28/3/2020).

Command Center milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menjadi tempat yang dikunjungi kementerian yang digawangi Abdul Halim Iskandar.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak Firman Arif Hidayat, saat dihubungi, Sabtu (28/3), menuturkan, kedatangan Kemendes untuk mengecek progres bantuan Base Transceiver Station (BTS) dari pemerintah untuk 5 desa di Lebak.

“Dicek sejauh mana implikasinya buat desa-desa tersebut, ya terkait komunikasi. Dicoba dengan melakukan video conference,” kata Firman.

Kedatangan Kemendes ujar Firman, dimanfaatkan pemkab untuk memaparkan sejumlah aplikasi yang mensupport kebutuhan program pembangunan desa yang sudah terintegrasi dengan pemerintah daerah.

“Ada beberapa aplikasi yang sudah terintegrasi. Mulai dari Dulur Desa yang sudah online, lalu aplikasi Jaga dari KPK dan aplikasi Indeks Desa Membangun yang bisa melihat bagaimana status perkembangan desa,” papar Firman.

**Baca juga: 2 Orang PDP di Kabupaten Lebak Dirujuk ke RS Serang.

Kepada Kemendes, Firman juga menyampaikan mengenai progres penyaluran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

“Untuk ADD sudah 87 persen penyalurannya. Sedangkan DD, dari 340 desa, sudah 256 desa yang berkasnya sudah terkonfirmasi lengkap oleh KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara), karena untuk tahun ini penyalurannya direct ke rekening desa,” jelas Firman.(Nda)

Berita Terbaru