oleh

Cierny Balog, Stadion Terunik di Dunia yang Dilewati Kereta Uap Saat Pertandingan Berlangsung

Kabar6-TJ Tatran Cierny Balog, sebuah klub sepak bola amatir Slovakia, memiliki salah satu stadion paling unik di dunia, lengkap dengan rel kereta api dan mesin uap yang berjalan lurus melewatinya.

Cierny Balog adalah sebuah kota kecil di Slovakia berpenduduk sekira 5.100 orang, telah menjadi semacam tempat wisata dalam tujuh tahun terakhir ini, dan itu semua berkat stadion sepak bolanya.

Pada 2015, melansir republicworld, sebuah video memperlihatkan mesin uap melewati stadion pada trek yang diposisikan tepat di antara lapangan dan satu-satunya tribun, hingga menjadi viral secara online. Ya, kereta uap Iernohronska melewati stadion Cierny Balog, dan kereta wisata bertenaga uap melewatinya sepanjang musim panas.

Stadion Cierny Balog sendiri dibangun sekira 1980-an, pada saat kereta api lama tidak digunakan lagi. Namun tidak jelas mengapa kota ini memilih lokasi tersebut untuk membangun stadion sepak bola, tetapi selama satu dekade penuh, rel kereta api yang melewatinya hanyalah bagian dari dekorasi.

Segalanya berubah di awal 1990-an, ketika sekelompok penggemar Slovakia mulai memperbaiki rel kereta api. Pada 1992, secara resmi dibuka kembali sebagai kereta api warisan bagi wisatawan. ** Baca juga: Picu Kecaman, Mahasiswa PhD di Inggris Terbitkan Makalah Tentang Pengalaman Rancap Dirinya

Selama musim panas, wisatawan yang ingin mengagumi keindahan pegunungan Tatras Bawah dari atas kereta dapat membeli tiket kereta api bertenaga mesin uap yang berjalan di jalur sepanjang 17 km antara Chvatimech dan Vydrovo. Melewati stadion Cierny Balog adalah salah satu highlights dari perjalanan.

Melihat kereta uap melewati stadion selama pertandingan sepak bola adalah pengalaman yang cukup nyata. Para pemain mencoba mengabaikan kereta dan sinyal siulannya yang kuat, sementara di tribun beberapa penonton melambai ke kereta, dan yang lain mencoba untuk tetap fokus pada permainan.

Cierny Balog diyakini sebagai satu-satunya stadion di dunia dengan jalur kereta api aktif yang melewatinya.(ilj/bbs)