oleh

Ceroboh, Hiasan Kue ‘Nyangkut’ di Kerongkongan Selama Seminggu

Kabar6-Entah karena saking lezatnya atau memang kurang teliti, seorang pria berusia 60 tahun yang tidak disebutkan namanya secara tak sengaja menelan hiasan kue bertuliskan ‘Happy Mother’s Day’ berukuran sepanjang 5 cm.

Alhasil, melansir Dailymail, hiasan tersebut bersarang di kerongkongan pria tadi selama kurang lebih satu minggu sebelum dokter menemukannya. Dikisahkan, awalnya pria tersebut tidak menyadari bahwa dia telah menelan hiasan kue. Namun beberapa hari usai menyantap kue, ia mulai mengalami gejala-gejala aneh seperti menderita sakit kerongkongan, demam, kesulitan menelan, dan merasakan ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokannya.

Pria paruh baya itu pun segera dilarikan ke ruang unit gawat darurat (UGD) Johns Hopkins Hospital. Kepada dokter, ia mengatakan bahwa gejala tersebut dimulai sekira satu minggu sebelum datang ke rumah sakit, tepatnya setelah ia makan kue pada Hari Ibu.

Sebelumnya, pria itu sempat mengunjungi UGD rumah sakit berbeda karena merasakan sesuatu yang janggal di tenggorokannya. Tetapi, ia justru dipulangkan setelah hasil rontgen pada leher tidak menunjukkan ada kelainan.

Barulah ketika melakukan pemeriksaan di John Hopkins, dokter langsung memerintahkan untuk dilakukan CT scan, dan mereka menemukan benda asing berukuran 5 cm di kerongkongan pria tersebut.

Kemudian, pria malang ini menjalani endoskopi bagian atas, yakni sebuah prosedur di mana dokter menggunakan tabung tipis dan fleksibel yang dilengkapi kamera untuk melihat ke dalam kerongkongan.

Benar saja, dokter melihat sebuah benda asing berwarna merah muda yang tertutup oleh serpihan makanan hingga menyebabkan robekan kecil pada kerongkongannya. Dokter kemudian mengeluarkan benda asing itu dan memperbaiki luka pasien.

Menurut dokter, ketika benda asing tersangkut di kerongkongan. Dan, robekan pada kerongkongan adalah masalah yang paling serius dan mesti diperhatikan, karena dalam beberapa kasus, luka tersebut bisa berujung fatal bahkan 18 persen dari pasien yang mengalami ini berujung pada kematian.

Disebutkan, X-Ray biasanya menjadi tindakan pertama yang dilakukan dalam menangani kasus seperti ini. Meskipun demikian, tindakan tersebut terkadang tidak bisa melihat benda-benda kecil yang ada di tubuh pasien. ** Baca juga: Rekor Dunia Termahal, Di Hong Kong Ada Tempat Parkir yang Dijual Seharga Belasan Miliar

Setelah menjalani perawatan selama empat hari karena kesulitan untuk menelan, ia pun diperbolehkan keluar dari rumah sakit, dan bisa makan dengan normal seperti sediakala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru