oleh

Cermati 4 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah

Kabar6-Sistem kekebalan atau sistem imun adalah sistem pertahanan sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit.

Kunci utama sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah saat sistem ini mampu membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke tubuh. Jadi, apabila ada suatu benda asing yang tidak dikenali masuk ke dalam tubuh, maka sistem ini akan melakukan proses pertahanan diri.

Lantas, bagaimana tanda kekebalan tubuh melemah? Dikutip dari berbagai sumber, berikut empat hal yang menandakan hal tersebut:

1. Gampang sakit
Menurut penelitian, orang dewasa rata-rata terkena 2-4 pilek dalam setahun. Jika Anda melebihi angka itu, kekebalan pasti sangat rendah.

2. Mudah stres
Stres tidak selalu karena faktor emosional. Jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang rendah, itu juga bisa mempengaruhi kesehatan mental.

3. Stamina rendah
Meski tidak melakukan banyak aktivitas fisik, Anda sering merasa lelah, mudah lesu dan mengantuk yang merupakan tanda bahwa imunitas rendah.

4. ‘Ngidam’ makanan manis
Gula mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena itu dapat melemahkan respon sel darah putih dalam membunuh kuman dan virus yang masuk ke tubuh. Jika Anda mengonsumsi lebih dari 100 gram gula sehari, itu akan membahayakan kemampuan tubuh Anda untuk melawan kuman dan bakteri. ** Baca juga: Usir Bau Mulut dengan 6 Makanan Sehat

Perkuat daya tahan tubuh dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan rutin berolahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru