oleh

Cemas Berlebihan Bisa Sebabkan Sakit

Kabar6-Tidak hanya soal fisik yang prima, memiliki mental sehat juga menjadi kunci penting bagi Anda yang hidup di zaman serba cepat, modern, sekaligus kompetitif ini.

Kesehatan fisik menjadi utama untuk mengatasi tantangan cuaca dan perubahan iklim yang tak menentu, sementara kesehatan mental tak kalah penting yaitu agar bisa menjalani hidup dengan bahagia.

Salah satu hal yang harus dihindari, melansir She, adalah gejala psikosomatik terhadap tubuh. Gangguan psikosomatik diartikan sebagai penyakit fisik yang disebabkan karena aspek mental. Beberapa contoh penyakit yang bisa bertambah parah akibat faktor mental adalah penyakit maag, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Gejala psikosomatik bisa timbul dari rasa cemas yang berlebihan. Kecemasan itu kemudian menyebabkan gejala fisik meningkat akibat aktivitas impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh juga meningkat.

Diketahui, otak dapat mempengaruhi beberapa sel dalam sistem kekebalan tubuh hingga bisa memunculkan penyakit. Karena itulah, dalam penanganan medis beberapa penyakit, dokter selalu menekankan pentingnya menjaga kondisi mental untuk tidak stres, cemas, maupun depresi.

Sampai batas tertentu, penyakit psikosomatik, yang melibatkan pikiran dan fisik, bisa dihindari dengan berpikiran positif. Karena bagaimanapun juga, ada aspek mental dari penyakit fisik yang muncul. Demikian pula sebaliknya. ** Baca juga: Kenali Tahapan Tidur Agar Dapatkan Waktu Istirahat Berkualitas

Jadi, seimbangkan antara kesehatan fisik dan mental selama menjalankan aktivitas harian.(ilj/bbs)

Berita Terbaru