oleh

Ceker Ayam Kadaluarsa 46 Tahun Gemparkan China

Kabar6-Pernahkah Anda membayangkan makan ceker ayam yang telah kadaluarsa selama 46 tahun? Inilah yang bikin publik China gempar dan geram setelah polisi di Nanning, ibukota Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, pekan lalu menyita 20 ton lebih kaki ayam.

Kualitas ceker ayam sangat rendah lantaran sudah kadaluarsa hampir setengah abad.

Penemuan ceker-ceker ayam kadaluwarsa dari satu gudang beku daging, seperti dikutip Antara berdasarkan laporan laman kantor berita Xinhua, sebagian sudah disimpan selama 46 tahun. Temuan ini menuai kemarahan warga China.

“Skandal ceker ayam itu merupakan indikator bahwa kualitas pangan di negeri China perlu dipertanyakan,” kata Liu Xiaoling, seorang profesor bidang teknologi dan industri pangan di Guangxi University.

Menurutnya, pemerintah harus melakukan pengetatan untuk menghindari ancaman kesehatan masyarakat.

Li Jianmin, Wakil Direktur Keamanan Publik setempat, mengungkapkan, kebanyakan ceker ayam di China diimpor secara ilegal melalui kota-kota perbatasan di Guangxi seperti Fangchenggang.

“Beberapa pengusaha ilegal mengimpor makanan beku seperti ceker ayam tanpa pemeriksaan, kemudian mengolahnya di pabrik-pabrik kecil sebelum dijual ke pengecer di seluruh China,” kata Li seperti ditulis Antara mengutip Xinhua, Senin (15/7/2013).

Li mengatakan, produk selundupan mengandung banyak bakteri dan darah, dan pengimpor biasa merendamnya dalam cairan hidrogen peroksida untuk membuat ceker terlihat sehat dan cerah.

Staf Biro Karantina dan Inspeksi Masuk-Keluar Guangxi mengatakan, makanan beku tanpa pemeriksaan menularkan macam-macam penyakit karena bakteri dapat hidup dalam jangka lama pada suhu rendah.(ant/yps)

Berita Terbaru