oleh

Cegah “Ngorok” Dengan Cara Tepat

Kabar6-Mendengkur atau lebih dikenal dengan ngorok, adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas.

 

Penyebab ngorok bermacam-macam, bisa karena kelelahan, kelebihan berat badan, posisi tidur yang tidak tepat, dan lain-lain. Mendengkur dengan suara yang keras tentu saja akan mengganggu seisi rumah. Akibatnya, suasana tidur menjadi tidak nyaman.

 

Nah berikut adalah cara alami yang bisa Anda lakukan agar ngorok tidak lagi menjadi hal yang mengganggu sepanjang malam.

 

1. Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang membuat Anda mendengkur.

 

Hal tersebut karena tidur dengan bertumpu pada punggung, dapat membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan, sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur.

 

Karena itulah disarankan untuk mengubah posisi tidur menjadi menyamping ke kanan.

 

2. Kualitas tidur yang kurang. Ketika Anda mencapai titik kelelahan, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda tidur mendengkur. Dianjurkan agar Anda mempunyai waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

 

3. Hindari minuman beralkohol dan obat tidur. Mengonsumsi minum keras pada empat hingga lima jam sebelum tidur dapat membuat dengkuran makin parah.

 

Begitu pula jika mengonsumsi obat tidur, karena membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga membuat dengkuran Anda makin parah. ** Baca juga: Waspada Bahan Kimia Dalam Cat Rambut

 

4. Dianjurkan agar Anda cukup minum air putih. Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal itulah yang dapat mendorong Anda untuk mendengkur.

 

5. Meskipun tidak bisa diberlakukan pada semua orang, menurunkan berat badan bisa menjadi cara untuk mengatasi dengkur. Pertambahan berat badan, terutama yang mempengaruhi bagian leher, biasanya akan mendorong Anda untuk mendengkur.

 

6. Kurangi kebiasaan merokok, karena dapat menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat. Kondisi itu dapat memicu Anda mendengkur.

 

7. Alergi debu dapat memicu seseorang mendengkur. Karena itulah dianjurkan agar selalu menjaga kebersihan kamar tidur seperti tempat tidur, bantal, seprei, dan tirai agar terhindar dari tungau atau kutu.

 

Ketujuh cara tadi semoga dapat meminimalisir dengkuran Anda sehingga selain tidak mengganggu, kualitas tidur Anda pun menjadi lebih terjamin. (ilj)

Berita Terbaru