oleh

Cegah Corona, Rutan Jambe Sediakan Boks Sterilisasi

Kabar6 – Sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran daa penularan Virus Corona atau Covid-19, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tangerang atau biasa disebut Rutan Jambe menyediakan boks sterilisasi di depan pintu utama.

Kepala Rutan Kelas I Tangerang, Mujiarto mengatakan, setiap orang yang ingin masuk ke dalam wilayah Rutan Kelas I Tangerang wajib masuk kedalam boks sterilisasi.

“Boks tersebut sudah kami desain sedemikian rupa agar dapat menyemprotkan cairan disinfektan yang digunakan untuk mensterilkan dan membunuh virus yang melekat pada tubuh,” katanya, Jumat (27/3/2020).

Muji menjelaskan, penggunaan kotak sterisasi tersebut terbilang mudah. Pengguna hanya tinggal masuk ke dalam kotak, kemudian menekan tombol on yang sudah disediakan di dalam dah cairan disinfektan akan otomatis keluar dari sisi atas boks sterilisasi.

“Di dalam sudah ada tombol on dan off. Jadi untuk memulai dan mengakhiri semua dikendalikan oleh pengguna. Setelah keliar dari boks sterilisasi, kemudian akan diarahkan ke bagian pemeriksaan suhu badan dan cuci tangan,” jelasnya.

Cairan diinfektan tersebut, lanjut Muji, diracik sendiri oleh petugas Rutan Kelas I Tangerang yang memang mengerti cara pembuatan cairan pembasmi kuman dan virus tersebut.

**Baca juga: RSUD Tangerang Bantah Telantarkan Pasien Covid-19.

“Kami beli bahan-bahan mentahnya saja kemudian petugas kami yang memang mengetahui cara pembuatannya dibantu oleh petugas lain meracik sendiri sampai menjadi cairan disinfektan,” ujarnya.

Muji berharap, boks sterilisai yang disediakan tersebut dapat mencegah penularan dan penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini masih melanda Indonesia dan beberapa negara lainnya. (Vee)

Berita Terbaru