oleh

Cegah Corona, Lapas Rangkasbitung Budayakan Gerakan Cuci Tangan

Kabar6-Lapas Kelas III Rangkasbitung bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak menggelar sosialisasi pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19, Jum’at (6/3/2020).

Kepala Lapas Rangkasbitung Budi Ruswanto, mengatakan, sosialisasi pencegahan Corona menindaklanjuti arahan Ditjenpas Kemenkum HAM. Pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan terhadap warga binaan dan petugas lapas.

“Tim kesehatan kami langsung berkoordinasi dengan Dinkes agar seluruh keluarga besar Lapas Rangkasbitung bisa cepat mengetahui informasi terkait virus tersebut secara utuh dan menjadi pedoman dalam pencegahan penularannya,” kata Budi.

Untuk mencegah terjangkit virus tersebut, Lapas Rangkasbitung menyediakan fasilitas kebersihan seperti wastafel untuk mulai membudayakan gerakan cuci tangan. Terutama bagi warga binaan yang perlu mengetahui cara pencegahan dan dampaknya.

“Harapannya warga binaan dan kita semua semakin sadar untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

**Baca juga: 64 ASN Lolos Administrasi Open Bidding Jabatan Kadis dan Asda di Lebak.

Ketua Tim Kesehatan Dinkes Lebak dr. Firman Rahmatullah, mengimbau, warga binaan tidak panik menyikapi mewabahnya virus tersebut.

“Selama kita mengikuti langkah-langkah kesehatan dalam mencegak merebaknya virus ini, insya Allah virus ini tidak akan berdampak pada diri kita,” pesan Firman.

Justru kata dia, wabah Corona harus diambil sisi positif. Pasalnya, masyarakat bisa mulai menerapkan pola hidup bersih, salah satunya sering mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

“Prinsipnya mesti tetap tenang, jangan panik, ikuti petunjuk kesehatan. Insya Allah kita terhindar,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru