oleh

Cari Tahu Penyebab Mimisan Pada Anak

Kabar6-Mimisan adalah satu keadaan pendarahan yang keluar melalui lubang hidung. Gejala ini dapat menimpa siapa saja, dari orang tua hingga anak-anak.

 

Pada anak-anak, mimisan terjadi karena mereka memiliki pembuluh darah yang terletak lebih dekat dengan selaput lendir pada bagian hidung tersebut.

 

Beberapa penyebab sepele terjadinya mimisan pada anak-anak dapat disebabkan oleh beberapa hal:

 

1. Faktor iklim

Sebagian anak memiliki daya tahan kurang baik terhadap perubahan iklim di sekitarnya. Mimisan terjadi apabila iklim di sekitarnya sangat kering, dan suhu udara sangat panas.

 

Karena itulah, pastikan anak mendapatkan asupan cairan tubuh yang tercukupi, agar suhu dalam tubuhnya tidak terlalu panas. ** Baca juga: Dampak Jalan Kaki Bagi Kesehatan Psikis

 

2. Alergi

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda-beda. Apabila anak Anda alergi terhadap, dan terjadi pembengkakan pada hidung, pada akhirnya dapat menimbulkan mimisan. Cara sederhana agar tidak mimisan adalah dengan menghindari anak Anda dari hal-hal yang menyebabkan timbulnya alergi.

 

3. Mengupil

Bisanya anak-anak mengupil dengan memasukkan jarinya terlalu dalam ke lubang hidung, dan berusaha keras mengorek kotoran di dalamnya. Nah, hal itu dapat menyebabkan pendarahan dan luka pada hidung bagian dalam, sehingga terjadi mimisan. Karena itulah disarankan agar mengoleskan baby oil sebelum membersihkan kotoran dalam hidung.

 

4. Flu

Ingus yang ditimbulkan oleh flu seringkali mengering dalam lubang hidung. Kondisi ini dapat menimbulkan luka, bahkan pendarahan dalam hidung. Karena itulah disarankan untuk tidak membuang ingus terlalu keras ketika sedang flu.

 

Dengan mengetahui penyebab sepele mimisan pada anak, Anda pun dapat memberikan pengobatan atau pencegahan yang maksimal. (ilj)

Berita Terbaru