oleh

Cari Tahu Penyebab Kepala Pusing Saat Baru Bangun Tidur

Kabar6-Seringkali Anda mengalami kepala pusing saat bangun tidur, sehingga membuat aktivitas harian menjadi sedikit terhambat. Terkadang, sakit kepala terjadi begitu saja dan Anda tidak mengalaminya lagi.

Namun jika Anda sering mengalami nyeri kepala di pagi hari, mungkin ada penyebab khusus yang juga berarti mungkin ada cara untuk mencegahnya. Melansir Womantalk, apa sih penyebab kepala pusing saat baru bangun tidur?

1. Anda mengertakkan gigi saat tidur
Menggeretakkan gigi dapat menyebabkan ketegangan pada sendi temporomandibular, yang menghubungkan rahang bawah ke tengkorak di depan telinga, dan juga dapat menyebabkan perubahan posisi rahang Anda.

Menurut Dr. Amit Sachdev, M.D.dari Michigan State University, gerakan tersebut menyebabkan ketegangan, yang bisa memicu sakit kepala. Jika Anda menduga bahwa sakit kepala di pagi hari disebabkan oleh gertakan gigi, bicarakan dengan dokter tentang langkah-langkah berikutnya, yang dapat termasuk mengenakan pelindung gigi di malam hari.

2. Konsumsi kopi berlebihan
Dr. Sachdev mengatakab, kafein dapat memengaruhi aliran darah ke otak, dan jika sepanjang hari Anda mengonsumsi cukup banyak kopi, itu dapat menyebabkan efek samping neurologis yang mirip dengan minum alkohol. Untuk mengurangi sakit kepala akibat kafein, hindari kafein di sore hari menjelang malam.

3. Menderita migrain
“Waktu paling umum munculnya migrain adalah antara pukul 04.00 dan 09.00,” jelas Jennifer Kriegler, M.D.,. Mengapa demikian? Selama waktu itu, tubuh Anda cenderung menghasilkan lebih sedikit endorfin dan enkephalins, yang merupakan pembunuh rasa sakit alami, daripada pada waktu lain.

Menurut National Headache Foundation, adrenalin juga dilepaskan dalam jumlah yang lebih tinggi selama dini hari. Karena adrenalin mempengaruhi tekanan darah dan regulasi pelebaran atau kontraksi pembuluh darah, hal itu bisa memicu migrain.

Diketahui, migrain seringkali genetis, artinya tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol apakah Anda mendapatkannya atau tidak, tetapi Anda dapat mengelolanya.

Jika Anda mengalami migrain, maka istirahat, kompres menggunakan es, dan bermeditasi dapat membantu. Namun, jika rasa sakit sudah tak tertahankan, sebaiknya konsultasi ke dokter.

4. Mengalami sleep apnea
Sleep apnea, kondisi kesehatan yang berpotensi serius, menyebabkan orang berulangkali berhenti bernapas saat mereka tidur, dapat menyebabkan Anda terbangun dengan kepala pusing.

Sakit kepala disebabkan oleh kekurangan oksigen dan peningkatan tekanan yang dapat berkembang di kepala Anda karena kondisi tersebut. ** Baca juga: Warna Pakaian Bisa Cerminkan Mood Seseorang?

Jadi, kenali penyebab Anda mengalami pusing saat baru bangun tidur, agar dapat diberikan solusi yang tepat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru