oleh

Cari Tahu Fakta Menarik Tentang Tidur

Kabar6-Tidur didefinisikan sebagai kondisi bawah sadar, di mana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya. Istirahat dan tidur yang cukup ternyata memengaruhi kesehatan, berat badan, mood, dan bahkan kehidupan seksual kita. Apa saja yang Anda ketahui tentang tidur? Dikutip dari Femina, berikut adalah dua fakta menarik tentang tidur:

1. Banyaknya pendapatan seseorang ternyata berbanding lurus dengan waktu tidur Penelitian yang dilakukan oleh The Centers for Disease Control (CDC), Amerika Serikat pada 2013 mengungkapkan fakta, kelompok masyarakat dengan penghasilan lebih kecil dari Rp282 juta per tahun dengan empat orang anggota keluarga, rata-rata hanya tidur selama enam jam sehari.

Kondisi ini dibandingkan dengan kelompok masyarakat yang berpenghasilan hingga empat kali lebih besar, cenderung memiliki waktu tidur lebih banyak. Hal tersebut tak lain karena mereka dengan penghasilan pas-pasan harus bekerja lebih lama dan hanya tidur lebih sedikit.

2. Olahraga adalah ‘sahabat baik’ untuk tidur.
Dalam penelitiannya, Scott Collier, Ph.D dari Apalachian State University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat akan meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga pada pukul 7.00, menurut Collier, lebih disarankan. Jika Anda memiliki masalah tidur, pilih olahraga kardio seperti jalan kaki, lari, renang pukul 7.00, atau olahraga yang melatih ketahanan seperti angkat beban dan pilates pada sore hari.

Olahraga ketahanan memiliki thermal effect, menghangatkan tubuh, seperti mandi air hangat sebelum tidur. Sementara kardio di pagi hari mengurangi hormon stres sehingga tidur lebih nyenyak. ** Baca juga: Tidak Hanya Terbaring Lemah, Sakit Ternyata Bisa Turunkan IQ

Cukupkan waktu tidur Anda agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru