oleh

Cari Penyebab Perut Sering Lapar

Kabar6-Pernahkan Anda makan lebih dari tiga kali dengan porsi besar dalam sehari? Ya, terkadang ada saat tertentu nafsu makan kita sangat besar. Tak heran bila perut selalu terasa lapar meskipun sudah makan.

Namun benarkah makan terus menerus hanya disebabkan karena nafsu makan yang besar? Faktanya, melansir Femina, ada sejumlah hal yang menyebabkan Anda sering lapar. Apa sajakah itu?

1. Salah pilih sarapan
Sarapan sangat penting, namun Anda disarankan hati-hati dalam memilih menunya. Salah pilih sarapan akan berimbas pada pola makan seharian.

Sebaiknya, cari menu yang kaya protein untuk sarapan yang efektif mencegah kita terlalu banyak ngemil atau menginginkan makanan berlemak seharian.

2. Kurang tidur
Bila frekuensi tidur semalam kurang dari lima jam, kita akan merasa lapar saat bangun tidur. Hal ini karena kurang tidur meningkatkan kerja hormon gherlin yang bisa menyebabkan rasa lapar saat kita terbangun keesokan harinya. Parahnya lagi, saat sangat lapar karena kurang tidur, kita jadi lebih tertarik pada makanan kaya karbohidrat.

3. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan membuat tubuh jadi lelah dan malas. Tubuh akan menangkap sinyal ini sebagai kekurangan energi, sehingga kita justru mencari kalori untuk dikonsumsi. Padahal sebenarnya hal itu hanya karena kita haus.

Inilah yang disebut lapar palsu. Itu terjadi karena ada kebingunan di bagian hipotalamus, bagian otak yang mengatur nafsu makan serta haus. Karena itulah para ahli kesehatan menyarankan agar kita minum segelas air dulu saat merasa kelaparan.

4. Bosan
Jangan salah, bosan juga bisa membuat kita selalu merasa lapar dan malas. Saat bosan, kinerja dopamine yaitu hormon yang memicu perasaan bahagia mulai menurun. Otak jadi mencari cara untuk memicu dopamine bekerja lewat makanan.

5. Terlalu banyak karbohidrat
Terutama makanan yang terbuat dari tepung putih seperti kue-kue, biskuit, atau cookies yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat, namun langsung drop setelahnya.

Disarankan konsumsi karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat seperti roti gandum, kacang-kacangan, atau ubi.

6. Stres
Saat stres, detak jantung dan kinerja otot bakal meningkat. Kita seakan sudah mengeluarkan energi besar, padahal hanya pengaruh otak yang sedang tertekan. Tubuh pun siap mencari makanan untuk mengisi ulang energi untuk mengolah stres.

Dengan kata lain, stres bisa membangkitkan nafsu makan dan membuat kita jadi merasa ingin mengonsumsi makanan berlemak dan manis. ** Baca juga: Tubuh Berkeringat Saat Demam Bikin Anda Cepat Sembuh?

Saat lapar, cermati lagi apa yang menyebabkan Anda selalu ingin makan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru