oleh

Cara Unik Pemerintah Filipina Hadapi Warganya yang Tolak Vaksin, Disuntik Saat Mereka Tidur

Kabar6-Sebuah ide unik diajukan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk menghilangkan keragu-raguan para warga perihal vaksin COVID-19. Disebutkan, para dokter di Filipina mungkin harus menyelinap ke rumah-rumah warga yang menolak vaksin COVID-19 untuk menyuntik mereka saat tidur.

Ide tak biasa yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat vaksinasi ini, melansir Tass, telah digembar-gemborkan oleh Presiden Duterte selama pidato terbarunya ‘Talk to the People’ beberapa waktu lalu.

“Saya tahu banyak orang masih ragu-ragu,” kata Presiden Duterte. “Jadi temukan mereka di barangay (lingkungan Anda). Mari kita masuk ke rumah mereka dan memvaksinasi mereka saat mereka tidur. Cerita selesai.”

Presiden Duterte menambahkan, dia pribadi siap memimpin razia imunisasi di malam hari. Pada program yang sama, Duterte mengambil tanggung jawab pribadi atas kegagalan pemerintahnya untuk mengamankan dosis yang cukup untuk peluncuran vaksin yang lebih cepat awal tahun ini, tetapi mencatat bahwa bahkan kampanye terbatas telah mengurangi penyebaran penyakit.

Sebelumnya, Presiden Duterte telah menyarankan pendekatan yang tegas terhadap mereka yang menolak di vaksinasi. Pada Juni lalu, dia mengatakan bahwa mereka yang tidak mau divaksin harus meninggalkan negara itu atau dipenjara dan divaksin dengan paksa.

“Saya akan menangkap Anda (dan) kemudian saya akan menyuntikkan vaksin ke bokong Anda,” demikian Presiden Duterte memperingatkan saat itu. ** Baca juga: Ditemukan Pedang Tentara Salib Berusia 900 Tahun di Lepas Pantai Israel

Selama ini Presiden Duterte terkenal dengan cara-cara kasar dan di luar kebiasaan dalam menghadapi berbagai persoalan. Dia memperkenalkan tindakan keras polisi terhadap kejahatan narkoba, yang menurut para kritikus merupakan pembunuhan massal di luar proses hukum.(ilj/bbs)

Berita Terbaru