oleh

Cara Tepat Pilih Makanan dan Minuman Sehat di Warteg

Kabar6-Makan di warteg menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang tidak sempat memasak di rumah. Selain murah, pilihan jenis masakannya sangat beragam dan tentu saja lezat.

Namun sebelum memilih makanan yang sehat di warteg, Anda harus mengetahui asupan apa yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Makanan sehat yang dibutuhkan tubuh secara garis besar terdiri dari sayuran, buah, biji-bijian, susu, dan juga lauk daging hewan.

Setiap jenis makanan memberikan nutrisi yang berbeda. Itu sebabnya kita perlu makan lauk yang beragam. Melansir Klikdokter, ini cara tepat pilih makanan dan minuman sehat di warteg:

1. Pilih sayur berkuah sebagai lauk utama
Sayuran adalah lauk yang tinggi kadar serat dan sangat baik untuk pencernaan. Sayuran yang sering ada di warteg antara lain sayur bayam, sayur buncis, sayur sop, sayur asem, dan juga tumis tahu tauge.

2. Konsumsi ikan sebagai pengganti daging
Selain kaya protein, ikan juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan otak dan tulang, mencegah penyakit jantung serta mengurangi risiko alzheimer dan depresi.

Fungsi lainnya, menormalkan tekanan darah, ritme jantung, menurunkan kadar lemak dalam darah serta membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh. Secara tidak langsung manfaat ini bisa bikin aktivitas tubuh Anda jadi lebih sehat.

3. Hindari konsumsi gorengan
Makanan yang digoreng biasanya memiliki jumlah kalori yang lebih banyak dibanding jenis lauk yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Mengurangi konsumsi gorengan akan menghindari kelebihan kalori dan asupan minyak yang Anda tidak tahu sehat atau tidaknya jika dikonsumsi tubuh.

4. Hindari santan
Sama halnya dengan makanan gorengan, makanan berlauk santan seperti gulai atau sayur singkong rasanya sangat menggugah selera makan siang. Sayangnya, makanan bersantan memiliki jumlah lemak jenuh yang cukup tinggi.

Hal ini berefek pada kesehatan pembuluh darah dan jantung. Jadi, pilih makanan yang dikukus dan direbus, seperti sop ataupun tumis sayuran, agar manfaat sehat dan hidup murah bisa didapat.

5. Minum air putih atau teh tawar hangat
Umumnya es teh manis mengandung banyak pemanis yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, air yang memiliki rasa manis tidak selalu bisa melegakan haus secara maksimal. ** Baca juga: Tidak Perlu Minder, Ini 4 Kelebihan Punya Kulit Sawo Matang

Jadi disarankan untuk pilih air putih atau teh tawar hangat. Teh tawar umumnya berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Sementara air putih hangat juga berguna mencerna lemak-lemak yang kita makan serta mengeluarkan racun di dalam pencernaan. Bila bosan dengan teh dan air, bisa diganti dengan jus buah tanpa gula.

Warteg memang masih menjadi tempat makan favorit banyak orang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru