oleh

Cara Tepat Cuci Bahan Makanan Agar Terhindar dari Kuman dan Virus

Kabar6-Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan menjaga kebersihan, baik diri sendiri, lingkungan, maupun makanan yang dikonsumsi.

Agar makanan yang dikonsumsi bersih dan terbebas dari kuman, maka kita perlu mencuci sebelum memasaknya. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mencuci makanan dengan benar. Hal ini karena sebagian orang mungkin masih belum benar-benar memahaminya.

Mencuci bahan makanan seperti sayur dan buah-buahan dengan sabun atau produk pencuci sejenis bukanlah hal yang tepat. Buah-buahan dan sayur dapat menyerap bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk membersihkannya. Sekalipun Anda yakin telah mencucinya dengan bersih, bahan kimia tersebut tidak akan keluar dan tetap menjadi masalah bagi kesehatan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung sabun atau bahan kimia berbahaya lainnya dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Para ahli tetap tidak menyarankan untuk mencuci bahan makanan dengan menggunakan sabun atau produk pencuci lainnya.

“Konsumen tidak boleh mencuci buah dan sayuran dengan deterjen atau sabun. Produk-produk ini tidak disetujui atau dilabeli oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk digunakan pada makanan. Kamu bisa menelan residu dari sabun atau deterjen yang diserap pada produk,” demikian keterangan dari Departemen Pertanian AS.

Lantas, bagaimana cara mencuci bahan makanan yang tepat agar terhindar dari COVID-19? Melansir Wolipop, berikut beberapa cara yang disarankan:

1. Bersihkan dengan sesederhana mungkin
Anda tidak perlu menggunakan sabun untuk mencuci bahan makanan yang akan dikonsumsi. Cukup dengan menggosok sayur atau buah dengan lembut sambil membilasnya dengan air.

Untuk beberapa bahan makanan yang keras seperti melon, mentimun, wortel, alpukat, dan kentang, Anda bisa menggosoknya menggunakan sikat hingga bersih. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi bahan makanan yang lembut karena justru dapat merusaknya.

Berdasarkan penelitian yang berhubungan dengan penyakit bawaan makanan dan virus lainnya seperti diungkapkan oleh Ben Chapman, seorang profesor dan spesialis penyuluh keamanan pangan di North Carolina State University, sebanyak 90-99 persen virus dan kuman pada makanan dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan air mengalir.

2. Bilas gunakan air dingin
Sangat ideal untuk membersihkan bahan makanan seperti sayur dan buah-buahan yang akan dikonsumsi menggunakan air dingin. Penggunaan air panas justru dapat menyebabkan layu atau kerusakan.

Banyak orang yang berpikir bahwa membersihkan sayur dan buah menggunakan air panas dapat membunuh virus. Kenyataannya, virus dan bakteri baru akan mati jika menggunakan air yang sangat panas, dan itu akan merusak sayur dan buah serta membakar tangan Anda.

3. Bilas sayur dan buah saat akan dimakan atau dimasak
Chapman menyarankan untuk membilas buah dan sayur sebelum dimakan atau memasaknya, bukan setelah Anda pulang dari toko. Menurutnya, membilas langsung sayur dan buah ketika Anda pulang dari toko akan membuatnya lebih cepat rusak.

Hal itu karena ada senyawa aktif pada produk yang mencegah pembusukan akan hilang saat dibilas. Tetapi apabila Andau lebih merasa nyaman dan aman jika melakukan pencucian segera setelah pulang dari toko, maka hal itu bisa tetap dilakukan.

Apabila Anda benar-benar ingin mencuci bahan makanan menggunakan produk pencuci, maka bisa membuat produk pencuci dari bahan alami sendiri. Seperti dengan mengombinasikan air, cuka, ekstrak biji anggur atau jus lemon, dan baking soda.

Namun menurut Chapman, hal itu mungkin akan membuat bahan-bahan makanan sedikit terasa seperti cuka. Selain itu juga membutuhkan biaya tambahan yang pastinya lebih mahal dibandingkan dengan hanya mencucinya menggunakan air saja.

Mengingat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan pengurangan risiko penularan penyakit saat menggunakan produk pencuci dari bahan alami tersebut. ** Baca juga: Terlalu Banyak Pertimbangan Justru Sebabkan Anda Konsumsi Lebih Banyak Makanan

Chapman menambahkan, tidak perlu meninggalkan bahan makanan di luar rumah sebelum membawanya masuk ke dalam. Jika memang ingin merasa lebih aman, kamu bisa membilas makanan tersebut menggunakan air serta mencuci tangan setelah memegangnya.

Hingga saat ini tidak ada indikasi bahwa makanan adalah salah satu sumber penyebaran COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru