oleh

Cara Sehat Menyimpan dan Mengolah Ayam

Kabar6-Menu ayam merupakan hidangan yang sangat digemari berbagai kalangan dan usia. Entah itu diolah menjadi ayam goreng, opor, maupun ayam panggang.

 

Namun apakah cara Anda mengolah dan menyimpan ayam mentah sudah benar? Menurut penelitian dalam Journal of Food Protection, disebutkan bahwa masih banyak orang yang membersihkan, menyimpan, dan mengolah ayam dengan cara yang belum benar.

 

Akibatnya, tentu saja ada efek yang dapat merugikan kesehatan, antara lain meningkatkan risiko terkena infeksi Salmonella (salah satu penyebab tipus) dan Camplylobacter (infeksi saluran pencernaan atau infeksi darah). ** Baca juga: Cabai Hijau, Pelengkap Masakan Kaya Manfaat

 

Sebenarnya, bagaimana sih cara membersihkan, menyimpan, dan mengolah ayam yang benar?

 

1. Pisahkan ayam dengan bahan makanan lain dalam tas belanja, karena bakteri yang terdapat dalam ayam, dapat menyebar ke bahan makanan lain, terutama yang tidak dibungkus.

 

2. Cara menyimpan ayam yang belum diolah adalah dengan meletakkan dalam wadah plastik yang tertutup rapat. Ayam yang tidak dibungkus, akan menyebabkan cairan dari daging ayam tersebut menetes ke makanan lain, yang akan berisiko menyebarkan bakteri.

 

3. Sebanyak 69 persen orang biasanya mencuci ayam mentah sebelum dimasak, dengan tujuan untuk membersihkan bakteri yang menempel pada permukaan kulit ayam.

 

Namun tahukan Anda jika cara itu sebenarnya salah? Permukaan ayam mentah mengandung bakteri berbahaya. Jika Anda mencuci dengan air, bisa jadi justru bakteri yang menempel akan semakin mudah menyebar melalui air. Cara yang benar adalah dengan memasak ayam mentah itu secara langsung. Dengan demikian, bakteri akan mati karena temperatur yang tinggi saat dimasak.

 

4. Mencairkan ayam yang dibekukan adalah dengan merendamnya dalam air dingin. Jadi bukan dengan mengguyur ayam memakai air biasa ya.

 

5. Mengolah, menyimpan, membekukan, hingga memasak ayam harus dilakukan dalam waktu satu sampai dengan dua hari saja. Lebih dari itu ayam tidak boleh diolah atau dimakan.

 

6. Cuci tangan Anda setelah mengolah atau menyentuh ayam mentah, menggunakan sabun selama 20 detik. Gunakan pisau pemotong dan alas pemotong yang berbeda dengan yang dipakai untuk memotong bahan makanan lain.

 

Kesehatan keluarga salah satunya dimulai dari kebersihan lingkungan rumah termasuk dapur. Karena itulah, jaga senantiasa kebersihan di dalam dan luar rumah. (ilj)

Berita Terbaru