oleh

Cara Sehat Hilangkan Kebiasaan Mengemil di Tengah Malam

Kabar6-Pada dasarnya, mengonsumsi camilan atau mengemil adalah salah satu kebutuhan bagi manusia. Para peneliti mengatakan, keinginan Anda untuk mengemil suatu makanan secara spesifik sebenarnya adalah sinyal dari tubuh.

Saat tubuh kekurangan suatu nutrisi, dia akan mengirimkan sinyal pada otak yang pada akhirnya menimbulkan keinginan mengonsumsi satu jenis makanan tertentu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar vitamin dan mineral tubuh selalu seimbang.

Sayangnya, seringkali Anda tergoda untuk mengemil di tengah malam, dan hal ini semakin lama justru menjadi semacam kebiasaan, sehingga menyebabkan berat badan melonjak drastis.

Lantas, bagaimana solusinya? Melansir Menshealth, berikut sejumlah cara sehat hilangkan kebiasaan mengemil pada tengah malam:

1. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral Anda
Seringkali rasa ingin mengemil merupakan cara tubuh Anda untuk memberitahu bahwa ia kekurangan vitamin atau mineral. Namun apa yang ingin Anda konsumsi sebenarnya cukup spesifik.

Misalnya Anda mungkin ingin mengonsumsi karbohidrat saat Anda kekurangan vitamin C, yang telah terbukti mampu mengendalikan nafsu makan jika ada dalam jumlah yang tepat.

2. Alihkan perhatian Anda
Jika Anda ingin mengemil sesuatu yang spesifik seperti keripik kentang rasa baberque atau es krim dengan rasa cokelat mint, maka hal ini hampir selalu disebabkan oleh faktor psikologis, bukanlah kebutuhan fisik.

Dan seperti halnya otot tubuh Anda yang merasa lelah di malam hari, tekad Anda pun akan melemah di malam hari. Jadi arena itu, bila Anda merasakan hal di atas, akan lebih baik bila berusaha untuk mengalihkan perhatian untuk membuat Anda melupakan keinginan mengonsumsi suatu makanan.

3. Konsumsi lebih banyak protein
Sebuah penelitian di Amerika pada 2013 menemukan bahwa mengonsumsi sarapan tinggi protein dapat mengurangi keinginan seseorang untuk mengemil di malam hari dan lebih mampu mengendalikan bagian otak yang berhubungan dengan pemberian ‘hadiah’.

4. Tingkatkan aktivitas fisik Anda
Pada penelitian yang menganalisis sekira 19 buah penelitian pada 2012, para peneliti menemukan bahwa berolahraga selama 10-40 menit setiap harinya dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berperan untuk mengendalikan diri, termasuk keinginan untuk mengemil.

Hal ini mungkin disebabkan karena peningkatan denyut jantung selama berolahraga juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke bagian otak tertentu (prefrontal), yang berperanan untuk mengambil suatu keputusan dan mengendalikan impuls.

5. Pilih makanan yang mengandung indeks glikemik rendah
Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa saat seorang pria yang memiliki berat badan berlebih atau mengalami obesitas mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi seperti karbohidrat olahan dan gula.

Maka aktivitas bagian otak yang berhubungan dengan pemberian ‘hadiah’ dan keinginan untuk mengemil akan meningkat dibandingkan dengan saat mereka mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah di malam hari.

6. Jangan begadang
Kurang tidur akibat begadang atau kesibukan lainnya dapat mengganggu irama sirkardian tubuh Anda, yang tentu saja juga akan mengganggu nafsu makan. ** Baca juga: Penelitian Ungkap, Orang Religius Biasanya Hidup Lebih Lama

Kurang tidur dapat membuat Anda lebih ingin mengemil dan meningkatkan rasa lapar Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur selama setidaknya tujuh jam setiap malamnya.

Jangan biarkan keinginan mengemil tadi membuat Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Untuk menghindari hal ini, para peneliti kemudian mengartikan keinginan mengemil Anda dan nutrisi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru