oleh

Cara Sederhana Bantu Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Kabar6-Tidak hanya rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, menurunkan berat badan juga tergantung pada metabolisme tubuh. Karena itulah, Anda harus memilih makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat diubah menjadi energi.

Apa saja sih cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh? Melansir Detik, berikut uraiannya:

1. Konsumsi teh atau kopi tiap hari
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, minum secangkir teh atau kopi setiap hari dapat meningkatkan metabolisme hanya dalam tiga jam setelah minum. Kafein yang terkandung pada teh atau kopi berfungsi sebagai stimulan alami yang bisa memberi dorongan energi, sehingga dapat membuat Anda lebih aktif dari biasanya.

Kopi juga mengandung senyawa asam klorogenik yang dikatakan dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengatur kadar gula darah, sementara teh memiliki antioksidan melawan penyakit yang disebut katekin yang mengurangi risiko penyakit jantung serta meningkatkan pembakaran lemak.

2. Frekuensi makan
Menurut sebuah studi dari University of Ottawa di Kanada, tidak ada perbedaan dalam penurunan berat badan dari peserta yang makan tiga kali sehari penuh dibandingkan dengan mereka yang makan enam porsi kecil. Selama Anda menjaga porsi makan dan membuat menu yang sehat, tentu itu akan bisa mengurangi sekaligus menjaga berat badan.

3. Tambahkan bumbu ke makanan
Bagi yang suka makan makanan pedas, senyawa capsaicin yang ditemukan dalam cabai meningkatkan kehilangan lemak dan secara alami menekan nafsu makan. Menurut penelitian di Inggris, hanya 2 mg capsaicin dalam makanan dapat membantu membakar hingga 74 kalori.

4. Minum air lebih banyak
Minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari. Namun, Anda banyak melakukan aktivitas, perlu minum lebih banyak lagi. Menurut sebuah penelitian di Jerman, minum hanya 500 ml air dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 24 persen dalam satu jam. Jika Anda merasa lapar, minum saja segelas air dan tunggu selama 20 menit karena terkadang dehidrasi bisa mengecohkan rasa lapar.

5. Makan ceri sebelum tidur
Jika Anda sering merasa lapar sebelum tidur, makanlah buah ceri seperti sedang memakan camilan. Ceri mengandung melatonin yang bisa membantu meningkatkan tidur menjadi teratur. Tidur yang tidak cukup menyebabkan metabolisme melambat, dan menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, minum jus ceri selama dua minggu secara signifikan mengurangi efek insomnia. Ditambah lagi, buah ceri juga penuh dengan antioksidan untuk mengurangi peradangan dan menyeimbangkan hormon yang mengatur metabolisme. ** Baca juga: Ketahui Manfaat Beberapa Bagian Jeroan untuk Kesehatan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru