oleh

Cara Mudah Atasi Susah Tidur Gara-gara Berlebihan Minum Kopi

Kabar6-Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dipilih untuk menemani para pekerja malam, atau Anda yang melakukan lembur, baik di kantor maupun di rumah. Sayangnya, minum kopi secara berlebihan dapat mengganggu jam tidur dan insomnia, karena mengandung 40 mg kafein dalam 100 gram kopi susu biasa.

Mengonsumsi kopi beberapa jam sebelum tidur, bisa membuat Anda terjaga hingga 3-5 jam. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi susah tidur karena berlebihan minum kopi. Melansir journalsociolla, berikut lima cara yang bisa dilakukan:

1. Minum air putih
Meskipun kafein tidak akan hilang 100 persen, minum air putih akan membantu tubuh mengeluarkan kafein melalui berkemih atau buang air kecil. Minumlah air putih 1-2 gelas. Kalau Anda sudah mulai buang air kecil berkali-kali, itu tandanya kafein dalam tubuh mulai dikeluarkan.

2. Ciptakan suasana tenang dalam kamar
Untuk menciptakan suasana tenang, jauhkan segala macam gawai seperti handphone, laptop, hingga video game dari tempat tidur. Hal ini karena latar cahaya pada layar gawai hanya akan membuat Anda semakin terjaga.

Musik dengan bunyi-bunyian alam seperti suara debur ombak, air hujan, atau hembusan angin akan membantu menenangkan pikiranmu. Buat suasana kamar lebih menenangkan dengan tambahan aroma therapy dari air humidifier.

3. Lakukan gerakan ringan
Untuk membuat Anda lebih cepat tidur setelah minum kopi, bisa mencoba melakukan gerakan-gerakan ringan seperti peregangan otot, push up, ataupun squat. Ingat, jangan melakukan gerakan-gerakan tersebut secara berlebihan karena akan membuat Anda semakin sulit untuk tertidur.

4. Minum segelas susu hangat
Susu hangat akan membantu menghadirkan rasa ngantuk. Susu hangat memiliki kandungan triptofan, sejenis protein yang dapat diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut dibutuhkan tubuh untuk menimbulkan rasa kantuk.

5. Matikan lampu
Redupkan semua sumber cahaya yang ada di kamar, baik itu dari lampu maupun gadget. Kondisi ruangan yang redup akan membuat lebih mudah merasa mengantuk dan mendorong Anda untuk memejamkan mata.

Hal ini disebabkan karena kegelapan merangsang produksi melatonin, yakni hormon yang menghadirkan rasa kantuk dan menyegerakan tubuh untuk tidur. ** Baca juga: Setop Jadi Orang yang Mudah Marah

Disarankan agar Anda tidak minum kopi ketika sudah mendekati waktu tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru