oleh

Cara Mudah Atasi Bau Mulut dengan Konsumsi 4 Jenis Makanan Sehat

Kabar6-Bau mulut atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Namun studi menunjukkan, 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Selain itu, makanan yang berbau menyengat juga dapat menyebabkan bau mulut. Meskipun begitu, bau mulut juga dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Melansir cantiksehat, ini empat jenis makanan sehat yang bantu atasi bau mulut:

1. Yoghurt
Pencernaan yang baik dapat membuat bau mulut semakin berkurang. Yoghurt, produk olahan yang tinggi akan prebiotik ini mampu menekan produksi bakteri jahat yang biasanya hidup dalam sistem pencernaan.

2. Wortel
Sayuran yang kaya akan vitamin A dan tinggi serat ini dapat sangat membantu mengatasi masalah bau mulut. Makanan dengan kadar serat tinggi ini dapat memicu produksi air liur lebih banyak dan alami, dan di dalam air liur terdapat senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

3. Lemon
Meski tidak cukup signifikan mengatasi bau mulut, buah lemon cukup ampuh mengusir masalah bau mulut. ** Baca juga: 4 Tanda yang ‘Beritahukan’ Tubuh Anda Lelah

4. Jeruk
Konsumsi buah-buahan yang mengandung cukup banyak air, antara lain seperti jeruk, tomat, apel, dan lain sebagainya, dapat membantu menjaga agar mulut selalu dalam kondisi segar.

Dan, kelenjar yang ada di sekitar mulut aktif memproduksi air liur sehingga akan membunuh bakteri jahat penyebab bau mulut. Perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi, seperti jeruk dan sejenisnya. Vitamin C dipercaya ampuh membunuh beragam bakteri membandel di dalam mulut.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru